Review ICONNET Layanan Internet PLN ICON+

Waktunya memberikan review kelebihan dan kekurangan serta tambahan informsi lain karena sudah genap 6 bulan 1 tahun lebih 2 tahun saya menggunakan layanan internet dari Stroomnet dan sekarang berubah nama menjadi ICONNET. Semoga review dan testimoni yang saya berikan bisa bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mencoba layanan internet dari ICONNET PLN.

Disclaimer

Dalam review ini ada beberapa poin yang harus digaris bawahi agar tidak terjadi kesalah pahaman. Poin-poin yang harus ditekankan yaitu:

  1. Layanan ICONNET yang saya review adalah jaringan yang berada di Kabupaten Bantul, Provinsi DIY
  2. Paket internet yang digunakan adalah paket ICONNET 20 Mbps
  3. Router/ONT yang diberikan adalah tipe Huawei HG8245H5
  4. Panjang kabel instalasi adalah 320 meter
  5. Koneksi kabel drop core ke ONT tidak menggunakan patchcord (teknisi tidak memberikan)
  6. Review ini bukan dibuat untuk menjatuhkan pihak tertentu tapi untuk tujuan saran & kritik sekaligus memberikan gambaran bagaimana kondisi lapangan sebenarnya agar kualitas layanan bisa ditingkatkan.
  7. Saya berlangganan sejak Maret 2021 dan postingan ini terus saya update.

Nah pada review ini adalah review tambahan setelah 6 bulan 1 tahun saya menggunakan ICONNET. Tentunya waktu 6 bulan 1tahun ini sudah cukup untuk menggambarkan bagaimana pengalaman saya menggunakan ICONNET.

Pendaftaran, Harga dan Pemasangan ICONNET

Perihal cara pendaftaran, harga dan pemasangan ICONNET saya pernah memberikan review dan penjelasan di channel youtube pribadi saya dan bisa diakses di link berikut

Review Kecepatan Koneksi Internet ICONNET

Karena paket internet yang saya gunakan adalah paket 20 Mbps tentunya speed yang dihasilkan tidak lebih dari itu. Dalam sesi ini akan saya berikan hasil tes kecepatan saya menggunakan Ookla & Nperf.

Hasil Speed Test Ookla

Speedtest Iconnet OOKLA

Hasil Speed Test Nperf

Speedtest Iconnet NPERF

Sedangkan untuk hasil tes koneksi internasional hasilnya adalah

Speedtest iconnet koneksi internasional
Speedtest iconnet koneksi internasional

Speed Upload Kok Cuma up to 5 Mbps?

Penjelasan pihak Stoomnet/ICONNET tentang speed upload yang saya dapatkan hanya up to 5 mbps saya lampirkan dalam bentuk screen shoot berikut. Sampai sekarang belum pernah mendapatkan kecepatan upload lebih dari 5 mbps.

upload iconnet kecil

Update Januari 2023

Pada awal Januari 2023 masalah upload mentok 5 mbps sudah teratasi setelah teknisi menyampaikan langsung ke kantor. Itupun ada teknisi datang karena keluhan kabel putus untuk yang ke-2 kalinya.

Review Speed Test ICONNET 2023

Anehnya pada saat keluhan kabel putus pertama keluhan ini juga saya sampaikan tapi tidak ada perkembangan.

Walaupun sudah teratasi tapi tetap saja membuat kecewa karena keluhan yang saya sampaiakan hampir selama 2 tahun tidak ada tindakan sama sekali.

Mengapa saya katakan begitu? karena tiap membuat tiket keluhan tidak ada bukti tindakan atau penanganan yang konkrit dan ketika ditagih admin pun tidak bisa menjawab.

Setelah melihat gamabaran kecepatan internet yang saya dapatkan langsung saja kita mulai ulas dari segi kekurangan dan kelebihannya.

Kekurangan ICONNET yang Dirasakan

Kita awali dengan membahas kekurangan ataupun kelemahan ICONNET yang sudah saya temukan selama 6 bulan 2 tahun ini. Mulai yang paling sepele hingga paling serius.

  1. Mendapatkan IP privat bukan IP publik. Hal ini wajar karna harganya juga murah.
  2. Beberapa protokol VPN diblokir. Koneksi yang bisa digunakan dan sudah saya coba yaitu VPN dengan protokol OVPN dan L2TP/IPsec
  3. Tidak bisa digunakan untuk mengakses FTP server. Namun setelah saya komplain baru bisa digunakan untuk menakses FTP server saya. Semoga akses ini tidak dibuka hanya untuk saya.
  4. Tidak ada CIR (minimum kecepatan yang didapat), ketika saya tanyakan ke CS mereka tidak bisa menjawab dan di S&K memang tidak dituliskan.
  5. Latensi atau ping fluktuatif, ketika jam sibuk bisa diatas 50ms.
  6. Pembayaran hanya bisa menggunakan 3 metode (Mandiri, Alfamart & Indomaret). Pembayaran via Linkaja sudah dihapuskan.  Update (8/11/2021): Pembayaran dengan E-wallet sudah dikembalikan dan bisa dengan LinkAja dan OVO, artikel lengkap bisa dibaca di artikel ICONNET Kembalikan Pembayaran Tagihan Dengan E-Wallet
  7. Rasio kecepatan 4:1 walaupun dibeberapa daerah dikatakan 1:1 tapi saya hanya mendapatkan radio 4:1 (bukti terlampir dari hasil speedtest). Mungkin teman2 yang mendapatkan rasio 1:1 bisa berkomentar dari daerah mana. (Update  8 Januari 2023): Permasalahan teratasi setelah teknisi datang karena keluhan kabel putus dan sekaligus saya sampaikan keluhan ini.
  8. Terlalu sering gangguan bahkan sehari 2 kali dan durasi cukup lama dengan alasan overload. Hal ini akan saya jelaskan lebih detail dibawah.
    (Update (30/4/2022): Gangguan sudah lebih berkurang tapi durasi gangguan cendrung lebih singkat, tidak lebih dari 1 jam di sore hari.
    (Update  8 Januari 2023): Frekuensi gangguan mungkin hanya 1x dalam sebulan belakangan ini.
  9. Pelayanan CS sangat buruk. Tiket keluhan belum selesai tetapi sudah ditutup, hal ini akan saya jelaskan lebih detail dibawah juga.
  10. (UPDATE 1 September 2022) Pembayaran via PLN Mobile, Alfamart dan Indomeret tidak bisa dilakukan. Pembayaran tagihan hanya bisa dilakukan melalui VA Mandiri. Sistem sudah dibenahi dan sudah bisa kembali lagi menggunakan PLN Mobile.

Kelebihan ICONNET yang Dirasakan

Sedangan setelah saya menggunakan ICONNET selama 6 bulan ini berikut kelebihan yang saya rasakan:

  1. Tagihan yang harus dibayarkan flat. Hanya berbeda karena metode pembayaran yang dipilih karena terkena admin layanan.
  2. Tidak ada FUP
  3. Bisa cek tagihan langsung di PLN Mobile
  4. ISP yang bisa instalasi tanpa harus menambah tiang walaupun tidak ada tiang PLN di tempat saya. Tiang paling dekat jaraknya sekitar 100 meter.
  5. Promo gratis biaya pasang durasinya cukup lama

Gangguan Koneksi dan Penjelasan ICONNET

Selama 6 bulan pakai dari akhir bulan Maret hingga bulan September ini gangguan mulai saya rasakan pada bulan April akhir dan gangguan mulai sangat parah hingga membuat tidak nyaman mulai sekitar bulan Juni.

Ganguan yang saya rasakan adalah koneksi terputus dan ONT menunjukan indikator merah(LOSS) pada jam-jam tertentu, biasanya antara jam 8 pagi sampai dengan 12 siang dengan durasi gangguan 30 menit sampai 1 jam bahkan pernah lebih.

Mungkin tidak masalah jika sebulan hanya terjadi satu atau dua kali, tetapi hal ini terjadi hampir setiap hari dengan frekuensi 1 sampai dengan 2 kali. Pagi hari antara jam 8 pagi sampai dengan 12 siang dan malam hari sekitar jam 7 sampai jam 9 malam.

Yang membuat kecewa adalah sudah selama 4 bulan lebih hampir setiap hari seperti itu. Ketika dikomplain pihak CS hanya menjawab seperti ini

Chat CS ICONNET

Alasan yang diberikan ntah itu disampaikan melalui telfon langsung atau pun chat adalah sama, yaitu karena jaringan overload atau sedang perbaikan.

Belum beberapa waktu lalu saya membuat tiket keluhan tentang FTP yang tidak bisa diakses melalui jaringan ICONNET. Sudah dibuatkan tiket tapi 3 hari tidak ada kabar dan masih belum bisa. Ketika saya tanyakan ulang ternyata tiketnya sudah ditutup padahal permasalahan belum selesai.

Baru setelah saya pantau terus dan saya kejar terus dalam 1 hari permasalahan selesai dan sekarang saya bisa akses FTP server.

Jelas membuat kecewa namun semoga kedepan bisa diperbaiki.

Mungkin itusaja review kali ini, apabila ada update dan informasi terbaru akan saya update langsung, semoga membantu. Salam.

Artikel Terkait

ICONNET Kembalikan Pembayaran Tagihan Dengan E-Wallet

Seperti yang kita tahu bahwa pembayaran via e-wallet sempat hilang pada pilihan metode pembayaran ICONNET via PLN...

Cara Perpanjangan SIM Online di Polres Bantul

Layanan Perpanjangan SIM Online di Polres Bantul yang bisa menjadi opsi untuk pemilik SIM yang sulit untuk meluangkan waktu dalam mengurus perpanjangan.

Port Game Among Us Hasil Torch Mikrotik

Game online memang sangat populer bagaikan tidak hanyut oleh waktu. Seperti sekarang ini muncul game unik dan...

Daftar Port Game Online Terbaru 2020

Berikut ini adalah daftar port game online Indonesia yang seringkali dibutuhkan untuk mengatur firewall pada Mikrotik atau...

20 KOMENTAR

  1. berarti iconnet gak recomen untuk menggantikan indihome ya?
    saya sudah 7 tahun ini pake indihome, sejak masih nama speedy dan pake kabel tembaga. so far gak banyak keluhan, kalaupun ada masalah, respon pengaduan cukup cepat meskipun cuma lewat aplikasi.
    cuma beberapa bulan terakhir iconnet lumayan gencar promo, jadi tergiur untuk pindah, soalnya tagihannya untuk speed yang sama, bedanya lumayan banyak.

    • Kalau di kota besar sepertinya masih bisa diperimbangkan karna pasti beda insfrastrukturnya.

      Yang jelas harus punya testimoni yg sedaerah

    • Di tempat saya udah mendingan soal sering trobelnya walau upload masih mentok 5 mbps. Kemaren dibocorin sama teknisi kalo daerah sy emang redaman optiknya tinggi semua jd sering LOS & speed upload rendah.

      Mau komplain tp blm ada waktu buat mampir ke kantornya. Yg jelas kalau mau pasang harus ada testimoni yg sedaerah minimal di kecamatan yg sama.

  2. saya baru pasang minggu ini. eh tgl 27 loss. terus On lagi. tgl 28 Loss lagi. saya area rawakalong, bogor. Iconect ga recomend dah

    • Redaman optik gede semua jd sering LOS, data yang tertulis di berita acara instalasi aja ga sesuai sama yg dipasang. Mau coba sy komplain langsung ke kantor tp belum ada waktu.

    • Asal daerahnya ga ada keluhan harusnya aman, ini ICONNET du tempat saya beda jauh kualitasnya sama yg di sisi Jogja area timur. Mereka upload bisa dapet 20 Mbps dipaket yg sama. Bikin gelang2 emang. TP akhir2 ini udah jarang gangguan sih.

  3. Saya baru pasang pertengahan januari 2022, so far harga lebih murah, speed kenceng, bebas biaya instalasi, upload dan download 1:1

  4. wah, njenengan Bantul mana mas? sy di Srandakan masih bisa dapat 1:1 utk DL:UL nya..

    kalau utk blokiran web sy rasa lebih leluasa ini daripada sebelah..

    cuma kalo ngomongin penanganan teknis memang lama banget.. sy pernah ngalami gangguan dimana hanya terjadi di rumah saya, butuh lebih dari 1×24 jam dengan follow up CS pusat, CS regional, sales, teknisi.. kalau sy pasif mungkin lebih lama.. 🤣

    review Iconnet juga sy tulis di blog sy mas.. monggo kalau berkenan kunjungan balik.. 😁

    • Area Kasihan mas, ini temen & tetangga yg pasang semua dapetnya segitu.
      Yg bikin “gemes” tu ya berita acara kita ga dikasih liat pas habis pasang & TTD dipalsu.

      Dapet info dr teknisi area Banguntapan jg normal 1:1 UL/DL nya. Kemarin kontak2 emang daerah sy insfrastrkturnya agak jelek, redaman tinggi.

      • Kalo yg di ini artikel pasti selalu up to date mas, nanti tanggal 10 saya bikin baru lagi yang di YT. Soalnya kalau ada info baru atau perubahan langsung saya kasih update beserta timestampnya.
        Untuk poin kekurangan no 7 tentang 1:1 itu emang untung2an mas.

        Sampai sekarang rasio D/L saya(termasuk tetangga) masih 4:1 ga berubah sama sekali, tp ada info dari teknisi beda kecamatan mereka bisa 1:1. Katanya yg tempat saya redaman besar semua.

  5. Permisi, saya berdomisili do Cibinong, Tangerang. Apakah ada yang tinggal di dareah yang sama dan sudah menggunakan ICONNET? Mau minta reviewnya dong sebelum masang, makasih

    • belum mas, yang ada info daerah banguntapan. daerah banguntapan malah bisa hampir dapet 1:1 download/upload. kalo tempat sya ya masih sama seperti yg di YT & tulisan

  6. saya Area MALANG Kota pake iconnet waduh…..sering dapat pahala saya karena sering istigfar
    sering di infokan dari pihak iconet melalui wa bahwa ad full trafic ….padhal dulu saya pas pemasangan di kasih tau sama teknisi ya redaman nya rndah mas bagus….tapi yaaaa begitulah…kalo mau copot sebelum berlangganan 1 tahun di pinalti sekitar 1,5 jt ….klo gol 😀

    • Iya mas, kalo putus kontrak blm 1 tahun kena pinalti tp ga tau juga nominalnya brp.

      Ini kecamatan saya aja beda sama kecamatan sebelah kualitasnya. Di kampung saya paket 10 mbps hampir simetris upload & download, tp kalao yg 20 mbps ya seperti yg sy review itu sampai sekarang. Bulan lalu sempet ke kantornya jg keluhan kabel putus sekalian komplain itu yg upload ga lebih dr 5mbps tp jawabnya kurang memuaskan.

      Dulu diawal pernah ada pemberitahuan full traffic tapi masih bisa dipake buat streamingan serumah, ga buffer.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pos Terkait

Kupon Diskon Ekstra 5%: TEMANREDPEDIA

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos Terbaru

Ragam Alasan Penting Tidak Membeli Mobil Bekas Terdampak Banjir dan Kecelakaan

Ada banyak sekali stok mobil bekas yang bisa dipilih mulai dari penjual individu atau bisa lewat dealer. Bahkan sekarang sudah tersedia beberapa situs jual...

Harga Spandek Besi dan Baja Terjangkau

Sebelum membeli material bangunan yang dibutuhkan, tidak ada salahnya untuk membandingkan terlebih dahulu. Baik dari tempat pembeliannya, merek yang akan dipilih, ukuran, dan juga...

Rekomendasi Charger iPhone PD Fast Charing Aman dan Berkualitas

Rekomendasi adaptor charger iPhone yang aman untuk BH(battery health) dengan protokol Power Delivery(PD) yang mendukung fast charging untuk iPhone 8 series, iPhone X series, iPhone 11 Series, iPhone 12 Series, iPhone 13 Series dan iPhone 14 series terbaru.