Perpanjangan SIM online di Bantul

Cara Perpanjangan SIM Online di Polres Bantul

Sekarang ini jika ingin memperpanjang SIM di Polres Bantul sudah terdapat pengisian form secara online yang mempermudah dan mempercepat proses dalam perpanjangan SIM. Perpanjangan SIM online di Polres Bantul dapat dilakukan siapa saja asalkan SIM belum melebihi masa berlaku. Nah, pada artikel kali ini akan saya bahas bagaimana cara memperpanjang SIM secara online di Bantul.

Yang perlu diketahui tentang SIM online ini adalah kita bisa mendapatkan nomor antrian khusus yang saya rasa dapat mempermudah kita dalam mengatur waktu. Mengapa bisa begitu?

Ya, karena pada dasbor kita nantinya dapat memilih jam kedatangan. Sehingga dapat dibilang bahwa kita sudah mengamankan tempat antri tanpa harus datang lebih awal.

Penasaran? Yuk langsung kita bahas bagaimana proses perpanjangan SIM online di Polres Bantul.

Pengisian Formulir Online

Untuk melakukan pengisian formulir secara online kalian harus memiliki akun di http://www.sim.polresbantul.com/. Pendaftarannya hanya memerlukan alamat email aktif dan password.

Kemudian masuk ke menu Formulir Pendaftaran > Isi Formulir

Isikan data wajib yang diperlukan atau yang bertanda merah.

Catatan untuk bagian penentuan hari kedatangan ke Polres.

Hal yang perlu digarisbawahi sebelum melakukan perpanjangan SIM online adalah kelangkapan berkas. Jika nantinya kalian hendak melakukan kunjungan dibawah jam 9 lebih baik kalian mendaftar perpanjangan secara online untuk sehari setelah kelangkapan berkas sudah komplit mengingat biasanya tumpukan antrian yang muncul pada saat mencari surat keterangan sehat dari dokter dan hasil tes psikologi.

Untuk melengkapi berkas dan melakukan kedatangan ke Polres dengan hari yang sama saya sarankan untuk mengambil jam antrian diatas jam 9 agar ada cukup waktu untuk mencari surat sehat dan tes psikologi.

Kemudian setelah semua formulir terisi centang pernyataan dan klik Submit.

Untuk mendownload formulir yang telah diisi terdapat pada menu Lihat Formulir.

Sedangkan nomor antrian dapat dilihat pada menu Lihat Kartu Antrian.

 

Persiapan Berkas Yang Dibutuhkan

Dokumen yang dibutuhkan untuk perpanjangan SIM Online sama seperti untuk perpanjangan  SIM pada umumnya, yaitu:

  • KTP asli yang sah
  • Fotokopi KTP
  • SIM lama ASLI
  • Fotokopi SIM lama
  • Hasil cetakan formulir online
  • Surat keterangan kesehatan dari dokter

Khusus peningkatan dilengkapi dengan surat keterangan lulus uji simulator dari DITLANTAS (SIM B I, B II, A Umum, B1 Umum, B2 Umum).

Apabila ingin melakukan kedatangan ke Polres dan mencari kelengkapan berkas di hari yang sama saya sarankan untuk fotokopi SIM dan KTP masing-masing 2 lembar karena 1 lembar nantinya akan diminta untuk tes psikologi.

Lakukan Pembayaran

Setelah berkas sudah komplit kemudian lakukan pembayaran ke Bank BRI yang ada di Polres. Ingat ya, pembayaran hanya bisa dilakukan disana.

Karena pada waktu itu saya tidak menemukan nomor antri maka saya langsung masuk saja dan setelah bilang untuk pepanjangan sim online teller yang sedang bertugas langsung paham. Saya tanya petugas nomor antri di Loket 1 pun juga lngsung diarahkan untuk ke pembayaran dulu tanpa diambilkan nomor antri.

Kemudian simpan bukti pembayaran untuk dilampirkan juga bersama berkas yang diperlukan.

Tapi misalkan alat ambil nomor antri bank sudah diperbaiki lebih baik ambil nomor antri ya!

Pengumpulan Berkas Ke Loket 1

Setelah berkas lengkap dan sudah memiliki bukti pembayaran pindah ke Loket 1 dan bilang  ke petugas antrian bahwa akan melakukan perpanjangan SIM online.

Loket 1 Pengurusan SIM
Loket 1 Pengurusan SIM

Tanyakan apakah harus menunggu dipanggil dahulu atau tidak. Pada pengalaman kemarin saya langsung dipersilahkan karena setelah nomor antri saya dicetak langsung dipanggil, mungkin karena yang menggunakan sistem online sedikit pada hari itu.

Uniknya nomor antrian untuk yang mengurus secara online adalah diawali huruf C.

Pada Loket 1 akan diverifikasi berkas yang ada dan jangan lupa menyerahkan SIM lama.

Perekaman dan Verifikasi Data Pemohon

Setelah urusan di Loket 1 selesai kita akan diarahkan ke ruang foto yang berada di sebelah timur. Data yang diambil sama seperti ketika kita membuat SIM yaitu tandatangan, foto, dan sidik jari.

Antrian di Ruang Foto
Antrian di Ruang Foto

Bagian terlama pada prosesnya adalah menunggu antrian foto, ini karena nomor antrian C dipangggil setelah beberapa nomor antrian A atau B nungkin dengan jeda 15 menit sekali.

Pengambilan SIM Baru

Setelah perekaman data selesai kita tinggal menunggu untuk  SIM baru. Nantinya akan dipanggil ke Loket 2.

Waktu pencetakan SIM tidak lama, mungkin hanya sekitar 5 menit.

Nah itulah cara perpanjangan SIM Online di Polres Bantul yang kemarin telah saya coba sendiri. Untuk sekedar informasi bahwa ada jangka waktu untuk hasil tes dan syarat untuk melakukan perpanjangan SIM yaitu:

  1. Perpanjangan SIM dilakukan minimal 14 hari sebelum masa berlaku habis
  2. Surat keterangan dokter berlaku 7 hari
  3. Surat dari hasil tes psikologi berlaku selama 1 bulan

Karena kemarin saya melakukan perpanjangan SIM C total yang harus dikeluarkan adalah 153 ribu rupiah. Riciannya adalah 75 ribu untuk SIM C, 25 ribu untuk tes kesehatan, 50 ribu untuk tes psikologi, dan 3 ribu rupiah untuk sumbangan yang dipungut ketika membayar di BRI.

Mungkin apabila ada pengalaman dari teman-teman pembaca lainya bisa menambahkan di kolom komentar.

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*