review koneksi internet iconnet

Review ICONNET Layanan Internet PLN ICON+

Waktunya memberikan review kelebihan dan kekurangan serta tambahan informsi lain karena sudah genap 6 bulan saya menggunakan layanan internet dari Stroomnet dan sekarang berubah nama menjadi ICONNET. Semoga review dan testimoni yang saya berikan bisa bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mencoba layanan internet dari ICONNET PLN.

Disclaimer

Dalam review ini ada beberapa poin yang harus digaris bawahi agar tidak terjadi kesalah pahaman. Poin-poin yang harus ditekankan yaitu:

  1. Layanan ICONNET yang saya review adalah jaringan yang berada di Kabupaten Bantul, Provinsi DIY
  2. Paket internet yang digunakan adalah paket ICONNET 20 Mbps
  3. Router/ONT yang diberikan adalah tipe Huawei HG8245H5
  4. Panjang kabel instalasi adalah 320 meter
  5. Koneksi kabel drop core ke ONT tidak menggunakan patchcord (teknisi tidak memberikan)
  6. Review ini bukan dibuat untuk menjatuhkan pihak tertentu tapi untuk tujuan saran & kritik sekaligus memberikan gambaran bagaimana kondisi lapangan sebenarnya agar kualitas layanan bisa ditingkatkan.

Nah pada review ini adalah review tambahan setelah 6 bulan saya menggunakan ICONNET. Tentunya waktu 6 bulan ini sudah cukup untuk menggambarkan bagaimana pengalaman saya menggunakan ICONNET.

Pendaftaran, Harga dan Pemasangan ICONNET

Perihal cara pendaftaran, harga dan pemasangan ICONNET saya pernah memberikan review dan penjelasan di channel youtube pribadi saya dan bisa diakses di link berikut

Review Kecepatan Koneksi Internet ICONNET

Karena paket internet yang saya gunakan adalah paket 20 Mbps tentunya speed yang dihasilkan tidak lebih dari itu. Dalam sesi ini akan saya berikan hasil tes kecepatan saya menggunakan Ookla & Nperf.

Hasil Speed Test Ookla

Speedtest Iconnet OOKLA

Hasil Speed Test Nperf

Speedtest Iconnet NPERF

 

Sedangkan untuk hasil tes koneksi internasional hasilnya adalah

Speedtest iconnet koneksi internasionalSpeedtest iconnet koneksi internasional

 

Speed Upload Kok Cuma up to 5 Mbps?

Penjelasan pihak Stoomnet/ICONNET tentang speed upload yang saya dapatkan hanya up to 5 mbps saya lampirkan dalam bentuk screen shoot berikut. Sampai sekarang belum pernah mendapatkan kecepatan upload lebih dari 5 mbps.

upload iconnet kecil

Artikel Terkait

Setelah melihat gamabaran kecepatan internet yang saya dapatkan langsung saja kita mulai ulas dari segi kekurangan dan kelebihannya.

 

Kekurangan ICONNET yang Dirasakan

Kita awali dengan membahas kekurangan ataupun kelemahan ICONNET yang sudah saya temukan selama 6 bulan ini. Mulai yang paling sepele hingga paling serius.

  1. Mendapatkan IP privat bukan IP publik. Hal ini wajar karna harganya juga murah.
  2. Beberapa protokol VPN diblokir. Koneksi yang bisa digunakan dan sudah saya coba yaitu VPN dengan protokol OVPN dan L2TP/IPsec
  3. Tidak bisa digunakan untuk mengakses FTP server. Namun setelah saya komplain baru bisa digunakan untuk menakses FTP server saya. Semoga akses ini tidak dibuka hanya untuk saya.
  4. Tidak ada CIR (minimum kecepatan yang didapat), ketika saya tanyakan ke CS mereka tidak bisa menjawab dan di S&K memang tidak dituliskan.
  5. Latensi atau ping fluktuatif, ketika jam sibuk bisa diatas 50ms.
  6. Pembayaran hanya bisa menggunakan 3 metode (Mandiri, Alfamart & Indomaret). Pembayaran via Linkaja sudah dihapuskan.
  7. Rasio kecepatan 4:1 walaupun dibeberapa daerah dikatakan 1:1 tapi saya hanya mendapatkan radio 4:1 (bukti terlampir dari hasil speedtest). Mungkin teman2 yang mendapatkan rasio 1:1 bisa berkomentar dari daerah mana.
  8. Terlalu sering gangguan bahkan sehari 2 kali dan durasi cukup lama dengan alasan overload. Hal ini akan saya jelaskan lebih detail dibawah.
  9. Pelayanan CS sangat buruk. Tiket keluhan belum selesai tetapi sudah ditutup, hal ini akan saya jelaskan lebih detail dibawah juga.

 

Kelebihan ICONNET yang Dirasakan

Sedangan setelah saya menggunakan ICONNET selama 6 bulan ini berikut kelebihan yang saya rasakan:

  1. Tagihan yang harus dibayarkan flat. Hanya berbeda karena metode pembayaran yang dipilih karena terkena admin layanan.
  2. Tidak ada FUP
  3. Bisa cek tagihan langsung di PLN Mobile
  4. ISP yang bisa instalasi tanpa harus menambah tiang walaupun tidak ada tiang PLN di tempat saya. Tiang paling dekat jaraknya sekitar 100 meter.
  5. Promo gratis biaya pasang durasinya cukup lama

Gangguan Koneksi dan Penjelasan ICONNET

Selama 6 bulan pakai dari akhir bulan Maret hingga bulan September ini gangguan mulai saya rasakan pada bulan April akhir dan gangguan mulai sangat parah hingga membuat tidak nyaman mulai sekitar bulan Juni.

Ganguan yang saya rasakan adalah koneksi terputus dan ONT menunjukan indikator merah(LOSS) pada jam-jam tertentu, biasanya antara jam 8 pagi sampai dengan 12 siang dengan durasi gangguan 30 menit sampai 1 jam bahkan pernah lebih.

Mungkin tidak masalah jika sebulan hanya terjadi satu atau dua kali, tetapi hal ini terjadi hampir setiap hari dengan frekuensi 1 sampai dengan 2 kali. Pagi hari antara jam 8 pagi sampai dengan 12 siang dan malam hari sekitar jam 7 sampai jam 9 malam.

Yang membuat kecewa adalah sudah selama 4 bulan lebih hampir setiap hari seperti itu. Ketika dikomplain pihak CS hanya menjawab seperti ini

Chat CS ICONNET

Alasan yang diberikan ntah itu disampaikan melalui telfon langsung atau pun chat adalah sama, yaitu karena jaringan overload atau sedang perbaikan.

 

Belum beberapa waktu lalu saya membuat tiket keluhan tentang FTP yang tidak bisa diakses melalui jaringan ICONNET. Sudah dibuatkan tiket tapi 3 hari tidak ada kabar dan masih belum bisa. Ketika saya tanyakan ulang ternyata tiketnya sudah ditutup padahal permasalahan belum selesai.

Baru setelah saya pantau terus dan saya kejar terus dalam 1 hari permasalahan selesai dan sekarang saya bisa akses FTP server.

Jelas membuat kecewa namun semoga kedepan bisa diperbaiki.

Mungkin itusaja review kali ini, apabila ada update dan informasi terbaru akan saya update langsung, semoga membantu. Salam.

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*