Paket IndiHome Lite: Harga, Fitur, Kecepatan, Kuota FUP dan Ketentuan Berlangganan

Paket IndiHome Lite: Harga, Fitur, Kecepatan dan Kuota FUP

Baru saja Telkom menghadirkan paket internet barunya yaitu IndiHome Lite. Sesuai namanya “Lite” tentunya sedikit berbeda dangan paket IndoHome reguler dari segi harga, kecepatan, kuota, dan fitur layanan yang ditawarkan. Paket ini dikatakan untuk menyasar target generasi milenial dengan budget minim untuk menikmati akses internet murah dan lebih ekonomis. Lalu seperti apa paket terbaru Telkom ini? Mari kita bahas.

Informasi ini sudah saya update berdasarkan informasi resmi yang saya dapatkan langsung melalui customer service & sales IndiHome. Dengan update ini semoga informasinya terbarukan.

Tentang Paket IndiHome Lite

Peluncuran Paket IndiHome Lite
Peluncuran Paket IndiHome Lite (Foto:Agus Tri Haryanto/detik)

 

Paket IndiHome Lite ini merupakan paket ekonomis layanan internet Telkom yang baru diluncurkan 24 Februari 2020 yang harganya lebih terjangkau. Latar belakang munculnya paket ini adalah sebagai usaha Telkom untuk mencapai target pengguna IndiHome pada tahun 2020. Cara daftar caket ini pun cukup berbeda karena paket ini mengusung konsep berpasangan dimana satu akun berisi 2 orang terdaftar, sedikit berbeda dengan akun reguler yang merupakan perseorangan.

Secara resmi paket ini direncanakan akan mulai ditawarkan ke konsumen mulai bulan Maret 2020 telah dipasarkan mulai tanggal 25 Februari 2020. Untuk jangkauannya belum bisa dipastikan, namun seharusnya sama seperti IndiHome reguler.

Fitur Layanan

Lalu apa saja fitur layanan yang ditawarkan paket terbaru ini? Berdasarkan data pada saat peluncuran, versi Lite ini menawarkan fitur berikut yang termasuk pada paket penjualannya:

  1. Layanan internet up to
  2. Telepon
  3. TV kabel

Detail untuk layanan TV yang diberikan adalah 33 channel meliputi TV lokal, movie, entertainment, hingga konten anak. Kemudian untuk telepon terdapat kuota 50 menit yang bisa digunakan untuk nomor lokalĀ  atau internasional.

Lalu untuk add on lain paket ini juga terdapat Mola TV dengan harga Rp 99.000 yang nantinya akan mendapatkan tayangan Piala Eropa, termasuk 12 pertandingan ekslusif yang tidak tersedia di layanan TV lain.

Kecepatan & Kuota FUP IndiHome Lite

IndiHome Lite hanya memiliki satu varian paket yaitu dengan kecepatan 10 Mbps (up to). Sedangkan batasan kuota FUP-nya adalah 150 GB. Hal ini wajar karena harga yang ditawarkan juga cukup ekonomis.

Untuk skema FUP yang ditawarkan masih menjadi rahasia Telkom mengingat beberapa tahun terakhir skema FUP ini terus berubah. Semoga saja kompensasi penggunaan wajarnya tidak terlalu pelit.

Ketentuan Berlangganan & Cara Daftar

Cara daftar paket IndiHome Lite ini berbeda dari paket reguler karena untuk bisa berlangganan IndiHome Lite disini kita wajib ‘patungan’ atau berpasangan karena satu pendaftaran pemasangan harus terdiri dari dua orang pelanggan dengan lokasi yang berdekatan.

Kemudian IndiHome Lite ini adalah paket yang ditawarkan khusus ke pelanggan dari Witel, sehingga jika anda belum mendapatkan penawaran maka kemungkinan besar belum bisa mendaftar.

Dalam instalasinya nanti 2 pelanggan akan sekaligus dilayani dengan 1 tarikan dropcore dengan menggunakan Home Distribution Box.

Hal ini disebabkan karena target pasar dari IndiHome Lite adalah untuk pengguna rumah petak, rumah susun, apartemen, atau kos-kosan.

Dari hal ini sebenarnya sedikit rancu mengenai biaya pemasangan dan perangkat yang kita dapatkan karena klaim dari awal pendaftar haruslah dua orang yang lokasinya berdekatan. Apakah nantinya didapatkan 2 router atau 1 router dan sistem sewanya seperti apa.

Termasuk dengan line telepon yang didapatkan apakah akan dipasang diperdaftar pertama atau bisa sesuai kesepakatan. Sehingga untuk hal yang berkaitan ketentuan lebih lanjut kita harus menunggu sampai pakt ini benar-benar sudah dijual.

Harga Paket IndiHome Lite

Paket Triple Play(3P)

Paket Triple Play speed 10 Mbps dengan layanan Internet, Telepon dan IndiHome TV, biaya berlangganan sebesar Rp 199.000/bulan belum termasuk ppn 10% dengan biaya pemasangan sebesar Rp 75.000. Benefitnya adalah :

  1. Speed 10 Mbps
  2. Free 50 menit telepon lokal dan SLJJ
  3. IndiHome TV Intro 33 channel.

Paket Dual Play(2P)

Paket Dual Play speed 10 Mbps dengan layanan Internet dan Telepon, dengan biaya berlangganan sebesar Rp 169.000/bulan belum termasuk ppn 10% dengan biaya pemasangan sebesar Rp 150.000. Benefitnya adalah speed 10 Mbps dan free 50 menit telepon lokal dan SLJJ.

Harga paket IndiHome Lite ini dipatok RP 199.000 belum termasuk PPN10%. Untuk biaya variabel lainnya tentunya pasti ada yang sepertinya sama seperti paket regulernya.

Namun jika dibandingkan dengan versi reguler harga tersebut sangat menarik dan bisa berhemat jika kebutuhan kita hanyalah sebatas browsing dan streaming. Khususnya untuk mahasiswa yang indekos sangat signifikan untuk menekan pengeluaran untuk biaya layanan internet bulanan jika indekosnya belum termasuk layanan wifi.

Nah itulah tentang paket terbaru Telkom yang sangat menarik tentunya. Semoga saat layanan ini mulai dikomersialkan pada 1 Maret nantinya akan lebih jelas apa yang akan kita dapatkan.

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*