Apa itu Aplikasi Android AAB

Apa itu Aplikasi Android AAB?

Pembaca yang sedang mencari tentang apa itu aplikasi android dengan format AAB mungkin sedang kebingungan karena aplikasi tidak berfotmat APK pada Android yang sedang digunakan. Jika memang benar maka tenang saja karena hal tersebut bukan masalah namun memang ada perubahan. Untuk itu langsung kita bahas saja tentang aplikasi Android dengan format AAB.

 

Mengenal Format Aplikasi Android AAB(Android App Bundle)

Format AAB atau Android App Bundle adalah format publikasi terbaru untuk aplikasi Android yang menyertakan semua kode dan resource yang dikompilasi aplikasi, serta menangguhkan pembuatan dan penandatanganan APK ke Google Play.

Seperti yang kita ketahui bahwa format installer aplikasi Android secara default adalah APK. Namun dimulai dari 1 Agustus 2021 format APK tersebut sudah digantikan menjadi format AAB sesuai standar yang baru.

Jadi untuk kalian yang kaget atau bingung sekarang jangan panik lagi, HP kalian bukan kena virus tapi emang udah kejatah dapet update.

 

Perbedaan APK dan AAB

Dibandingkan dengan format aplikasi APK, format aplikasi AAB sejatinya memiliki beberapa perubahan yang bisa menjadi kekurangan dan kelebihan bagi pengguna ponsel Android. Berikut adalah perbedaan yang menurut saya sendiri perlu digaris bawahi:

 

  • Ukuran Aplikasi Lebih kecil

Google mengklaim bahwa ukuran aplikasi AAB lebih kecil 15% dibandingkan dengan format APK. Untuk poin ini tentunya merupakan kabar gembira karena penggunaan memori serta data menjadi lebih kecil.

 

Artikel Terkait

  • Aplikasi Lebih Dinamis untuk Ponsel

Poin pertama tadi bisa tercapai berkat format AAB lebih dinamis dibandingkan APK. Dinamis yang dimaksud adalah aplikasi yang diunduh akan menyesuaikan dengan spesifikasi atau jenis handphone yang kita gunakan.

Kabar buruknya adalah untuk para gamer atau sobat ngirit yang suka ngopy file mentahan dari teman. Disini akan ada kemungkinan bug jika kedua HP yg saling bertukar aplikasi tidak identik, tapi semoga saja hal yang saya takutkan ini tidak terjadi.

 

  • Tidak Ada Lagi File OBB

Hal ini tentunya pukulan telak bagi gamer yang koneksinya terbatas namun game yang dimainkan memerlukan asset OBB yang besar. Dikatakan di web pengembang Android bahwa file dengan ekstensi OBB sudah tidak didukung pada AAB. Karena informasi tentang penerapannya masih terbatas semoga saja pengganti dari OBB ini masih bisa ditransfer tanpa harus download manual pada setiap HP.

 

Kesimpulan

Jadi bagi pengguna Android tidak pelu panik jika mengetahui format aplikasinya berubah menjadi format AAB karena hal ini merupakan perubahan resmi. Tentunya perubahan ini memberikan dampak potisif ataupun negatif bagi kita semua.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut nanti akan saya tambahkan informasi lanjutan mengenai perubahan ini apakah berdampak besar dan malah cenderung menyusahkan atau malah mengasyikkan.

Karena topik ini sangat menarik dan membawa perubahan besar, kemungkinan akan saya bahas melalui video di channel YT https://www.youtube.com/c/RagilTriatmojo

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*