Cara Memperbaiki Hilangnya Email Notifikasi Komentar Baru dan Moderasi Komentar Blogger

Cara mengatasi dan memperbaiki bug notifikasi email komentar Blogger yang hilang, dimana admin tidak menerima email pemberitahuan komentar ataupun notifikasi email untuk moderasi komentar terbaru walaupun sudah mencantumkan alamat email di pengaturan.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara untuk mengatasi dan memperbaiki hilangnya email notifikasi komentar terbaru ataupun pemberitahuan email moderasi komentar, dimana Blogger tidak mengirimkan email notifikasi walaupun ada komentar baru yang masuk. Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya pada postingan Tidak Menerima E-mail Pemberitahuan Komentar Terbaru atau Moderasi Komentar Blogger, bahwa Blogger sedang memiliki bug khususnya pada bagian pemberitahuan komentar melalui email.

How to fix not revieve blogger email notification and email moderation
Setelah menunggu hampir 2 bulan akhirnya bug tersebut dapat diatasi dengan sedikit trik. Memang 2 bulan itu menurut saya cukup lama dan saya yakin para blogger yang sering berinteraksi dengan para pembaca melalui komentar bawaan Blogger tentu agak kerepotan semala 2 bulan ini karena harus mengecek komentar baru secara manual melalui dasbor.

Singkat cerita sebenarnya metode yang akan saya jelaskan ini sudah pernah saya coba pada awal bulan Juli kemarin namun hasilnya nihil. Tapi siang tadi saya sempatkan untuk mengecek kembali forum Google yang membahas bug ini. Memang disana sudah dijelaskan cara memperbaikinya namun saya sudah menerapkan dan tetap saja nihil. Yang membuat menarik adalah ada member yang menyampaikan bahwa blog yang dibuat sesudah bulan Juli (sesudah update) tidak ada masalah mengenai notifikasi email untuk komentar atau pun moderasi.
Pada waktu luang jam istirahat tadi saya mencoba ulang metode yang pernah saya terapkan namun gagal pada awalnya, yaitu melakukan reset alamat email.

Untuk diketahui, saat ini kita dapat mengisikan alamat email dibeberapa menu pengaturan dan semuanya berfungsi untuk email pemberitahuan. Untuk rincinya sendiri adalah
  • Email untuk moderasi komentar
  • Email untuk notifikasi komentar baru
  • Email untuk notifikasi postingan artikel tebaru
Ketiga fungsi tersebut memiliki kolom masing-masing untuk mengisikan alamat emailnya.

Kemudian bagaimana cara mereset dan mengembalikan fungsinya? Mari kita bahas di halaman berikutnya.[next]

Mengembalikan Email Notifikasi untuk Moderasi Komentar

Pengaturan untuk mengatur moderasi sekaligus pemberitahuan email jika ada komentar yang dimoderasi berada pada Setelan > Postingan, komentar, dan berbagi > Moderasi Komentar


Reset email moderasi komentar Blogger agar dapat berfungsi kembali

Untuk meresetnya cukup kosongkan alamat email yang tercantum pada kolom "Kirim email permintaan moderasi ke" (nomor 3). Kemudian simpan setelan.

Setelah pengaturan tersimpan lakukan refresh halaman dengan reload atau tekan tombol F5 jika menggunakan komputer.

Kemudian isikan kembali email yang ingin dijadikan kotak masuk untuk notifikasi moderasi komentar Blogger. Pastikan kita telah mengatur moderasi komentar menadi Selalu atau Kadang-kadang agar dapat menerima notifikasi moderasi melalui email. Lalu simpan setelan, sehingga kolom alamat email moderasi akan terisi kembali.
[post_ads_2]
Langkah selanjutnya adalah melakukan konfirmasi agar email yang dicantumkan menjadi langganan notifikasi jika ada komentar yang perlu dimoderasi masuk.

Lakukan konfirmasi untuk dapat menerima email notifikasi moderasi

Buka email masuk, biasanya berada di tab Update jika menggunakan Gmail. Kemudian pilih Langganan untuk mengonfirmasi.

Setelah melakukan konfirmasi seharusnya kita akan diarahkan ke halaman pemberitahuan jika kita sudah berlangganan notifikasi email untuk moderasi komentar. Untuk mengetes apakah notifikasi email moderasi komentar sudah berjalan atau belum, kita perlu mencobanya dengan berkomentar sebagai anonymous atau akun lain selain akun(email) yang digunakan sebagai admin. Biasanya email moderasi komentar berformat seperti ini.

Moderasi komentar

Mengembalikan Email Notifikasi untuk Komentar dan Postingan Terbaru

Panduan sebelumnya hanyalah untuk mengaktifkan kembali notifikasi email untuk moderasi komentar namun belum dapat menerima email pemberitahuan untuk komentar baru yang masuk. Dengan kata lain jika kita hanya mereset bagian moderasi komentar maka kita hanya menerima email untuk moderasi bukan email komentar terbaru.

Nah, untuk panduan yang sekarang adalah untk mengaktifkan kembali email pemberitahuan untuk komentar terbaru sekaligus postingan terbaru pada blog kita. Jadi jika kita tidak melakukan moderasi komentar kita hanya perlu melakukan reset pada bagian ini.

Untuk mengatur email pemberitahuan komentar baru berada pada menu Setelan > Email > Email Notifikasi Komentar

Sedangkan untu mengatur email pemberitahuan postingan baru berada pada menu Setelan > Email > Email postingan ke

Reset email notifikasi komentar baru di Blogger agar dapat berfungsi kembali

Langkah untuk mereset pengturan ini sama seperti pada moderasi komentar, yaitu kosongkan terlebih dahulu email yang sudah tercantum kemudian simpan pengaturan dan lakukan refresh halaman (F5).
Setelah itu isikan kembali email yang akan digunakan sebagai penerima email notofikasi untuk komentar dan postingan terbaru.
[post_ads_2]
Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pada email seperti sebelumnya. Nanti akan ada 2 email baru yang masing-masing berisi tentang langganan email posing dan langganan email notifikasi komentar baru.

Konfirmasi langganan agar dapat menerima email notifikasi komentar terbaru

Pada kedua email tersebut pilih Langganan untuk mengonfirmasi.

Terakhir kita coba untuk meloloskan komentar yang dimoderasi atau berikan komentar baru disembarang posting. Seharusnya kita mendapatkan email notifikasi bahwa ada komentar baru yang masuk. Begitu pula untuk email postingan baru, seharunya email yang dituliskan akan menerima email pemberitahuan jika blog yang terkait memposting artikel baru. Untuk email komentar terbaru, nanti kita akan mendapatkan email seperti ini.

Email notifikasi komentar baru

Nah itulah penjelasan singkat tentang Cara Memperbaiki Hilangnya Email Notifikasi Komentar Baru dan Moderasi Komentar Blogger yang dapat saya berikan. Semoga panduan yang saya buat ini bermanfaat dan dapat menyelesaikan masalah yang hampir semua blogger mengalaminya.

Sebagai penutup saya rasa perlu mencoba secara langsung apakah notifikasi untuk komentar berfungsi dengan benar atau belum. Jadi jika berkenan saya minta pembaca meninggalkan 'jejak'-nya di kolom komentar Blogger. Ingat yak, Blogger bukan Facebook.

Terima kasih dan selamat mencoba !

COMMENTS

BLOGGER: 6
  1. Halo Mas Ragil, trims untuk pemberitahuannya. Dan trims, banget untuk info terbaik pagi ini. Barusan saya langsung applied ke blog saya, and its worked well! Trims, ya!

    Oya, problem terbaru adalah, kenapa sekarang kalo kita mau balas komen yang masuk, si google accountnya ga pada kondisi login, ya? Jadi kondisinya logout gitu. Jadi kalo mau balas komentar, saya terpaksa pake opsi Name/Url juga, deh! Ngalami hal ini, ga, Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba al.

      Untuk problem yg itu saya gak ngalamin mba, selama ini asal akun google yg jadi admin kondisi login tiap balas komentar ga perlu pakai name/url. Jd bisa dipastikan dulu akun googlenya dah login mba dan jangan pakai mode private window di browser, soalnya ada beberapa yg tiap buka tab baru kalo di private window nanti akun yg kelogin jd ilang(harus login ulang di tab baru).

      Hapus
    2. oh, begitu. Baik, Mas, saya coba cek lagi deh. Ini memang aneh, barusan saya coba buka blogspot via google chrome, malah ga bisa-bisa, saya coba pake Safari, lancar jaya. Entah kenapa ini.

      Btw, saya ijin update artikel ini juga di blog saya, dengan gaya bahasa saya, boleh ya, Mas, tentu dengan merefer ke sini spt yang sebelumnya. Trims.

      Hapus
    3. Itu chrome versi berapa mba al? soalnya saya sendiri kalo pake safari malah ditolak sama server gara2 versi lama(osnya aja masih versi 10.12.2), tp saya sendiri sehari2 jg pakainya chrome sih. Harusnya sih ga ada masalah mba soalnya kemaren saya mampir kan jg komentarnya pakai akun google dan pas bales jg lancar.

      Boleh banget mba, justru seneng saya kalo bisa bagi2 ilmu & pengalaman gini. bisa ngilangin pegel nulis 😁

      Hapus
  2. terimakasih kang uda cobain langsung bisa kembali :)

    BalasHapus

Nama

Adsense,4,Android,3,Berita,1,Blogger,2,C++,1,Corel,1,Hackintosh,1,Hosting,2,Jaringan,9,Kesehatan,1,Komputer,3,Pemrograman,1,Photoshop,1,PIN,3,Review,1,SEO,2,Teknologi,1,Tips,9,Tutorial,17,Windows,2,
ltr
item
REDpedia: Cara Memperbaiki Hilangnya Email Notifikasi Komentar Baru dan Moderasi Komentar Blogger
Cara Memperbaiki Hilangnya Email Notifikasi Komentar Baru dan Moderasi Komentar Blogger
Cara mengatasi dan memperbaiki bug notifikasi email komentar Blogger yang hilang, dimana admin tidak menerima email pemberitahuan komentar ataupun notifikasi email untuk moderasi komentar terbaru walaupun sudah mencantumkan alamat email di pengaturan.
https://1.bp.blogspot.com/-bdlNcw583A8/W0yrK7CQHsI/AAAAAAAACpY/gi4idWiYXJY7ybZ8C0o8dSTHgY8mpgg7gCLcBGAs/s1600/fix.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-bdlNcw583A8/W0yrK7CQHsI/AAAAAAAACpY/gi4idWiYXJY7ybZ8C0o8dSTHgY8mpgg7gCLcBGAs/s72-c/fix.jpg
REDpedia
https://www.redpedia.com/2018/07/mengatasi-hilangnya-email-notifikasi-komentar-baru-dan-moderasi-komentar-blogger.html
https://www.redpedia.com/
https://www.redpedia.com/
https://www.redpedia.com/2018/07/mengatasi-hilangnya-email-notifikasi-komentar-baru-dan-moderasi-komentar-blogger.html
true
8214152867759082172
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts View All Readmore Balas Batalkan Hapus By Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua Halaman REKOMENDASI LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN PREMIUM STEP 1: Bagikan untuk melihat. STEP 2: Klik salah satu tombol bagikan unyuk melihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy