Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Beranda Android Cara Mengatasi Push Notification di Huawei Tidak Muncul atau Delay

Cara Mengatasi Push Notification di Huawei Tidak Muncul atau Delay

0
Mengatasi Notifikasi Delay WhatsApp di EMUI Huawei

Sudah dipastikan bahwa aplikasi yang masih menggunakan API push notification dari Google atau GMS pasti akan delay bahkan tidak muncul ketika aplikasi tidak dibuka.

Hal tersebut wajar karena Huawei sekarang tidak diizinkan untuk menggunakan GMS(Google Mobile Service), walalupun kita dapat menginstall aplikasi dari luar Play Store tetapi pasti ada layanan yang tidak berjalan semestinya seperti push notification, in app purchase bahkan peta atau maps yang ada dibeberapa layanan seperti Gojek.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara untuk mengatasi salah satu masalah pengguna Huawei yang masih menggunakan HMS atau belum inject Google ke devicenya, yaitu permasalahan push notification.

Permasalahan yang pasti ditemukan yaitu notifikasi delay dan tidak mancul ketika tidak membuka aplikasi. Berbeda seperti pembahasan mengatasi delay pada WhatsApp seperti yang pernah saya bahas dahulu, delay kali ini berlaku di semua aplikasi.

Lalu apa solusinya? Yaitu menggunakan microG, sebuah aplikasi custom GMS Core untuk tersambung ke layanan API push notification Google.

Cara Install microG di Huawei

Yang dibutuhkan untuk langkah ini adalah installer Services Core dan Services Framework Proxy yang dapat didownload di halaman resmi microG Project(klik disini untuk ke halaman download).

Setelah terdownload kemudian install kedua aplikasi tersebut.

Kemudian buka aplikasi microG Setting(berlogo roda gigi).

Pilih menu Self-Check dan scroll kebawah hingga ada opsi optimasi baterai dan izin untuk draw over apps.

Berikan izin dikedua opsi tersebut hingga menjadi tercentang seperti dibawah ini

Langkah selanjutnya adalah cara menghidupkan layanan push notification.

Cara Mengatasi Notifikasi Delay di Huawei dengan microG

Pertama buka microG Setting dan pilih menu Google device registration.

Lalu hidupkan pendaftaran perangkat dengan klik saklar sebelah kanan hingga muncul status pendaftaran perangkat seperti gambar di bawah(no 2).

Fix Push Notiiffcation Huawei

Setalah terdaftar kebali ke menu dan pilih menu Cloud Messaging.

Pada menu ini hidupkan opsi penerimaan push notification sehingga status yang sebelumnya disconnected berubah menjadi terhubung seperti di gambar(no 4)

Apabila berhasil terhubung maka semua push notification akan dapat diterima tanpa harus membuka aplikasi terkait.

Mengatasi microG Sering Disconnected dan Tidak Menerima Push Notification

Jika kawan-kawan REDpedia sudah mengikuti cara sebelumnya namun sering mengalami notiffikasi tetap delay maka saya sarankan untuk mengikuti langkah tambahan berikut.

Langkah pertama adalah masuk ke menu Cloud Messanging kemudian klik menu titik 3 disebelah kanan(di atas tombol switch push notification).

Setelah itu atur PING interval menjadi 2 menit seperti gambar dibawah ini

Tips lain agar microG tetap berjalan adalah lakukan dial *#*#CHECKIN#*#* alias *#*#2432546#*#* setiap 6 jam atau setelah HP dianggurkan yang cukup lama misalkan setelah perjalanan jauh tanpa menggunakan HP atau setelah bangun tidur.

Semoga tips ini membantu permasalahan kawan-kawan semua. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa berikan feedbacknya.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini