Cara Mengatasi Email Spoofing

Cara Mengatasi Email Spoofing di Mail Server

Berikut ini akan kita bahas tentang cara mengatasi email spoofing yang mungkin sedang kita alami dan kita menjadi korban. Tentunya hal ini sangat menakutkan bagi kita yang menggunakan email self hosted atau email dengan cusom domain di server.

Singkat cerita, diawal bulan Juni 2021 kemarin saya menjadi korban email spoofing yang menargetkan email pribadi saya dengan domain @redpedia. Akibat dari email spoofing tersebut sekarang domain saya sering terdeteksi sebagai spam ketika mengirim email.

Untuk itu saya merasa sangat dirugikan dan berbagi cara mengatasinya agar temen-teman pembaca lebih hati-hati dan terhindar dari email spoofing. Kasus yang saya alami untung saja email yang berhasil dikirim oleh pelaku tidak lebih dari 100 email, namun yang berada di waiting list ada hampir sekitar 300 email.

 

Mengatasi Email Spoofing di Hosting Cpanel

Dalam kasus ini saya menggunakan hosting Cpanel, sehingga jika teman teman menggunakan panel yang berbeda mungkin bisa menyeseuaikan.

Untuk menghentikan dan mencegah email spoofing pada domain email kita adalah dengan mengaktifkan SPF, DKIM, dan DMARC.

Pada Cpanel kita tinggal masuk ke menu Email Deliverability

Pada kasus saya, domain yang menjadi korban email spoofing status Email Deliverability-nya terdapat error dan tombol repair aktif.

Hal ini menunjukan terdapat permasalahan pada SPF, DKIM, dan DMARC. Ketika saya cek benar saja karena ada key yang tidak valid.

Cpanel Email Deliverability

Untuk memmperbaikinya cukup klik repair hingga statusnya berubah menjadi valid.

Artikel Terkait

 

Tidak Bisa Mengirim Email Setelah Menjadi Korban Email Spoofing

Setelah memperbaiki SPF, DKIM, dan DMARC tetapi ketika mengirim email tetap tidak bisa?

Tetap tenang dan jangan panik, hal ini biasanya diakibatkan karena email server mencapai limit harian dan kita bisa meresetnya.

Biasanya limit ini berbedapada tiap penyedia hosting dan kalian bisa mengecek pada spesifikasi hosting yang dimiliki.

Letak untuk mereset dan mengecek berapa email yang berhasil dikirim biasanya terletak di pengelolaan hosting kita pada penyedia hosting.

Menu Unblock SMTP

Coba cari menu dengan nama “Unblock SMTP” pada pengelolaan hosting masing-masing, jika tidak ada mungkin harus manual menghubungi support.

 

Nah itulah sedikit sharing dari pengalaman saya kemarin, semoga membantu jika kalian membaca ini karena juga mengalami email spoofing di mail server milik pribadi. Saya sarankan setelah mengalami email spoofing langsung dicek apakah email sudah kembali normal atau malah masuk ke kotak spam karena akan sangat mengganggu bila terdeteksi sebagai spam.

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*