Cara Membuat Tulisan Melingkar atau Melengkung di CorelDRAW

Cara membuat teks atau tulisan melingkar dan melengkung di CorelDRAW ini saya buat karena pada saat pertama kali menggunakan Corel saya kebingungan mencari fiturnya. Dengan tujuan membantu orang lain yang mungkin juga pada awalnya bingung seperti saya maka saya putuskan membuat artikel cara membuat tulisan melingkar di CorelDRAW ini.

Walaupun terlihat sepele namun saya yakin bahwa artikel tutorial ini akan sangat berguna bagi seorang newbie yang baru belajar CorelDRAW. Nah untuk itu langsung saja kita bahas bagaimana cara membuat tulisan melingkar atau melengkung di CorelDRAW.

Membuat Tulisan Melingkar atau Melengkung di CorelDRAW

Sebelumnya saya informasikan bahwa tutorial ini menggunakan CorelDRAW 2017, sehingga jika versi yang dimiliki berbeda dan atau ada sedikit perbedaan letak menu mohon menyesuaikan. Namun, saya rasa tidak ada perbedaan jauh antar versi yang ada untuk fitur ini.

Langkah 1

Buat objek lingkaran menggunakan Ellipse Tool atau bisa langsung menekan F7. Untuk ukuran siliahkan sesuiakan dengan keperluan. Jika ingin lingkaran menjadi presisi, tekan tombol Ctrl pada keyboard saat membuat objek lingkaran.

Cara Membuat Tulisan Teks Melingkar atau Melengkung di CorelDRAW
Langkah 2
Buat teks yang ingin dibuat melingkar atau melengkung. Gunakan Text Tool atau bisa langsung dengan menekan tombol F8. Untuk ukuran font dan jenisnya dapat disesuaikan nantinya.
Cara Membuat Tulisan Teks Melingkar atau Melengkung di CorelDRAW
Langkah 3
Untuk membuat teks melengkung mengikuti bentuk lingkaran gunakan fitur Fit Text to Path. Pilihan ini berada di menu Text > Fit Text to Path. Pengguaannya select terlebih dahulu tulisan yang kita buat tadi, kemudian pilih Fit Text to Path pada menu Text pada menu top bar.
Cara Membuat Tulisan Teks Melingkar atau Melengkung di CorelDRAW
Kemudian arahkan pointer ke objek lingkaran hingga ada shadow  atau gambaran tentang teks yang melingkar mengikuti objek lingkaran. Disini kita dapat menyesuaikan jarak antara lingkaran dan teks, sehingga atur sesuai keperluan.
Cara Membuat Tulisan Teks Melingkar atau Melengkung di CorelDRAW
Klik kiri untuk mengaplikasikan teks menjadi melengkung dan melingkar sehingga menjadi seperti ini.
Cara Membuat Tulisan Teks Melingkar atau Melengkung di CorelDRAW

Tips !

Bentuk lengkung dan melingkar pada teks dapat diatur dengan menyesuaikan lengkungan pada lingkaran.

Untuk membuat tulisan melengkng atau melingkar dibawah seperti logo nama sekolah atau stampel, sebelum menggunakan Fit Text to Path putar teks menjadi 180 derajat terlebih dahulu untuk mengantisipasi teks terbalik.

Nah itulah Tutorial Cara Membuat Tulisan Melingkar atau Melengkung di CorelDRAW. Semoga tutorial ini bermanfaat dan menjadi ilmu tambah bagi yang masih awam. Selamat praktik !

Artikel Terkait

Cara Mempercepat Hard Disk Lambat dan Sering 100%

Mempercepat hard disk lambat! Ini yang kita butuhkan karena kinerja komputer PC atau laptop yang lambat dan...

Cara Menonton Siaran TV Digital

Cara menonton Siaran TV digital sebenarnya tidak berbeda dengan tv analog. Perbedaan yang ada adalah perangkat yang...

Cara Mengatasi Push Notification di Huawei Tidak Muncul atau Delay

Sudah dipastikan bahwa aplikasi yang masih menggunakan API push notification dari Google atau GMS pasti akan delay...

Cara Mengatasi Email Spoofing di Mail Server

Berikut ini akan kita bahas tentang cara mengatasi email spoofing yang mungkin sedang kita alami dan kita...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pos Terkait

Kupon Diskon Ekstra 5%: TEMANREDPEDIA

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos Terbaru

Ragam Alasan Penting Tidak Membeli Mobil Bekas Terdampak Banjir dan Kecelakaan

Ada banyak sekali stok mobil bekas yang bisa dipilih mulai dari penjual individu atau bisa lewat dealer. Bahkan sekarang sudah tersedia beberapa situs jual...

Harga Spandek Besi dan Baja Terjangkau

Sebelum membeli material bangunan yang dibutuhkan, tidak ada salahnya untuk membandingkan terlebih dahulu. Baik dari tempat pembeliannya, merek yang akan dipilih, ukuran, dan juga...

Rekomendasi Charger iPhone PD Fast Charing Aman dan Berkualitas

Rekomendasi adaptor charger iPhone yang aman untuk BH(battery health) dengan protokol Power Delivery(PD) yang mendukung fast charging untuk iPhone 8 series, iPhone X series, iPhone 11 Series, iPhone 12 Series, iPhone 13 Series dan iPhone 14 series terbaru.