ASUS Zenfone Max M2 : Jawaban Dilema Smartphone Gaming Budget Minimal

Dukung REDpedia Terus Berkarya

Berikan dukunganmu agar REDpedia terus aktif memberikan konten bermanfaat untuk kita semua.

Awal tahun adalah momen galau untuk mengambil keputusan ganti smartphone, apalagi ingin ganti karena menginginkan pengalaman gaming tanpa FPS drop dan kualitas grafis tinggi. Tapi diatas itu selalu ada hambatan, yaitu masalah harga smartphone gaming. Karena kebanyakan orang saat ingin ganti smartphone terkadang terhambat masalah budget dan spesifikasi yang diinginkan.

Seperti yang kita tahu, terkadang dengan harga smartphone yang pas-pasan hanya mendapat SoC kelas rendah atau baterai yang kapasitasnya mungil. Tapi tenang saja, diakhir tahun 2018 kemarin ASUS baru saja meluncurkan smartphone terbarunya yaitu ASUS Zenfone Max M2.

Review ASUS Zenfone Max M2 (ZB633KL), smartphone gaming terjangkau dengan Snapdragon 632 yang nyaman digunakan untuk harian atau gaming.

Nah pada kesempatan kali ini akan kita kupas mengenai ASUS Zenfone Max M2 (ZB633KL) yang menurut saya sendiri menjadi jawaban dilema smartphone gaming idaman dengan harga yang bersahabat.

Mengapa saya katakan ‘jawaban’? Menjadi jawaban karena ASUS Zenfone Max M2 (ZB633KL) ini walaupun tidak menyandang gelar ‘Pro’ namun tidak tanggung-tanggung dalam membawakan spesifikasi smartphone gaming idaman dengan harga yang cukup terjangkau.

Daripada penasaran langsung saja kita bahas tentang ASUS Zenfone Max M2 yang menjadi jawaban dilema smartphone gaming budget minimal.

Baterai Jumbo, Body Tipis

Baterai jumbo adalah hal wajib bagi smartphone gaming. Hal tersebut juga dapat kita jumpai di ASUS Zenfone Max M2 yang dibekali baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Smartphone ASUS memang terkenal dengan kapasitas baterai jumbonya. Berbeda dengan brand lain yang kebanyakan hanya membekali smartphone kelas menengahnya dengan kapitas baterai hanya sekitar 3000 mAh.

Batre Zenfone Max M2 (ZB633KL) 4000 mAh namun tipis

Kabar baiknya lagi ASUS Zenfone Max M2 ini menggunakan baterai dengan teknologi lithium polymer dimana teknologi ini lebih baik daripada lithium ion dan biasanya smartphone kelas menengah-kebawah hanya menggunakan lithium ion.

Untuk masalah ketahanan dan performa gaming, ASUS mengklaim Zenfone Max M2 ini mampu memainkan game Free Fire selama 8 jam non stop. Dengan begitu tidak perlu lagi khawatir mabar dengan teman tapi lupa bawa charger karena performa baterai ASUS Zenfone Max M2 ini dapat diandalkan.

Selain itu, walaupun ASUS Zenfone Max M2 memiliki baterai yang jumbo tapi bodynya tetap tipis, hanya 7.7 mm. Dengan ketebalan kurang dari 8 mm masih memungkinkan kita tambahkan softcase tanpa menjadikan ASUS Zenfone Max M2 ini terlihat dan terasa tebal.

Layar Lebar, Nyaman Digenggam

Para pemain game mobile sering kesusahan bermain karena layar smartphonenya yang kecil. Sayangnya hal tersebut tidak ada di ASUS Zenfone Max M2 karena memiliki ukuran layar 6.3 inchi dengan rasio 19:9. Dengan ukuran layar selebar ini tentunya ukuran jari tidak lagi menjadi masalah saat bermain game, apalagi saat memainkan game bergenre MOBA atau FPS.

Untuk masalah resolusi layar, ASUS Zenfone Max M2 menggunakan layar panel IPS HD+ dengan resolusi 1520 x 720 piksel. Dengan spesifikasi display layar yang seperti ini tentunya juga sangat cukup untuk mendukung kegiatan kita sehari-hari seperti browsing, menonton film, dan chatting.

ASUS Zenfone Max M2 (ZB633KL) Layar 6.3 Inch HD+

Walaupun layar smartphone ini lebar ternyata masih nyaman untuk digenggam secara normal atau saat gaming karena menggunakan pinggiran layar sudah curved 2.5D.

Sehingga jika kalian sedang multi-tasking namun ingin melakukan browsing atau chatting, kalian masih nyaman menggenggam ASUS Zenfone Max M2 dengan satu tangan karena bobotnya yang juga ringan.
[post_ads_2]

Lebih Enteng Dengan Pure Stock Android

Kebanyakan produsen smartphone memiliki custom ROM Androidnya masing-masing dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang berbeda dari ASUS Zenfone Max M2 ini yaitu menggunakan Pure Stock Android Oreo 8.0 untuk ROM-nya.

Sehingga tampilannya adalah tampilan Android original tanpa customisasi dari vendor produsen. Hal ini tentu membuat RAM lebih longgar dan proses aplikasi yang lebih sedikit karena tidak ada proses tambahan dalam menjalankan launcher(tampilan) menu.

ASUS Zenfone Max M2 (ZB633KL) Pure Android 8.0

Tentunya ini kabar baik bagi kalian yang suka menggunakan custom ROM pihak ketiga untuk mendapatkan performa terbaik dan membuang aplikasi yang tidak perlu. Karena pada ASUS Zenfone Max M2 sendiri menggunakan Stock Android yang masih original tanpa bloatware dari vendor. Sehingga sangat ringan untuk gaming dan mendapatkan performa terbaik.

SoC Powerfull Hemat Daya Tapi Adem

SoC adalah hal terpenting dalam pertimbangan membeli sebuah smartphone, lalu apa yang membuat ASUS Zenfone Max M2 ini istimewa? Yaitu penggunaan SoC Qualcomm Snapdragon 632 dimana SoC seri ini adalah salah satu tipe SoC Qualcomm Snapdragon kelas menengah namun menggunakan core seri Kryo dimana core seri ini juga digunakan pada seri-seri SoC Qualcomm Snapdragon kelas atas.

Terlebih SoC Qualcomm Snapdragon 632 ini walaupun clock speednya lebih rendah dibandingkan dengan seri 625 namun performanya lebih tinggi Qualcomm Snapdragon 632 karena memiliki arsitektur 4 x Kryo 250 Gold (A73) core di clock speed 1.8GHz dan 4 x Kryo 250 Silver (A53) di clock speed 1.8GHz bukan 8 x Cortex A53 @ 2.0GHz core yang dimiiki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 625.

Dengan optimasi tersebut membuat SoC Qualcomm napdragon 632 tidak panas dan hemat daya namum tetap memiliki performa yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk hasil benchmarknya sendiri ASUS Zenfone Max M2 mencapai skor 103372 di AnTuTu. Untuk refernsi hasil skor benchmark dari YugaTech.com dapat dilihat dibawh ini :

  • 3D Mark – 524 (SSE – OpenGL ES 3.1), 546 (SSE – Vulkan)
  • PC Mark – 5,787 (Work 2.0), 6,505 (Work 1.0)
  • GeekBench – 1,246 (Single-Core), 4,726 (Multi-Core)
  • AndroBench – 282.69 MB/s (Read), 78.11 MB/s (Write)

Fakta menarik lainnya adalah bahwa ASUS Zenfone Max M2 dapat memainkan Free Fire dengan settingan grafis Ultra. Tentunya dengan kemampuan seperti ini akan meningkatkan pengalamain bermain game kita menjadi lebih menarik dan seru.

Anti Mati Gaya

Selain kelebihan yang sudah disebutkan diatas, ASUS Zenfone Max M2 juga memiliki fitur unggulan lain yang dapat dijadikan pertimbangan untuk meminangnya yaitu :

  • Dual SIM Card + Slot Micro SD Dedicated – Bisa pasang 2 SIM Card sekaligus MicroSD
  • Face Unlock – Selain finger print, ASUS Zenfone Max M2 juga bisa menggunakan face unlock
  • Fast Charging – Jarang-jarang smartphone kelas menengah support fast charging
  • 4K Recording – Kamera belakang ASUS Zenfone Max M2 mampu merekam video 4K UHD dengan EIS
  • NXP smart amplifier – Meningkatkan kualitas audio sehingga menikmati hiburan dan gaming lebih asik

Berapa Sih Harganya?

Setelah menyimak banyak keunggulan asus ini tentu kalian penasaran untuk harganya. Dari pihak asus sendiri mengeluarkan harga ZenFone Max M2
Rp 2.299.000 untuk varian 3GB/32GB dan Rp 2.699.000 untuk varian 4GB/64GB.

Untuk ketersediaan stok sendiri pihak ASUS sudah menunjuk banyak toko yang dapat kalian lihat list tokonya sendiri disini.

Kesimpulan

Dengan harga berbanding teknologi dan performa yang ada di ASUS ZenFone Max M2 (ZB633KL), dapat dikatakan smartphone ini sebagai jawaban bagi kalian yang dilema mencari smartphone gaming idaman dengan harga dibawah 2,5 juta rupiah. Tidak hanya untuk gaming namun ASUS ZenFone Max M2 juga cocok untuk digunakan untuk penggunaan harian karena fitur-fitur unggulannya ditambah dengan desain body dan layar yang terlihat premium.

Spesifikasi Lengkap ASUS Zenfone Max M2

Berikut ini spesifikasi yang saya rangkum dari halaman official ASUS Zenfone Max M2
Prosesor CPU:Qualcomm® Snapdragon™ 632 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU:Qualcomm® Adreno™ 506

Layar 6.3-inch HD+ (1520 by 720) IPS display
88% screen-to-body ratio
Front 2.5D curved glass
Capacitive touch panel with 10 points multi-touc
Baterai 4.000 mAh Fast Charging
Kamera
Kamera Depan: 13 MP + 2 MP (F/1.8)
Kamera Depan: 8 MP (F/2.0), Softlight LED Flash
RAM/ROM
RAM 3 GB / 32 GB, RAM 4 GB / 64 GB
SIM Card, SD Slot Triple slots: Dual SIM & one microSD card

Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM card

Slot 3: Supports up to 2TB microSD card

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.

OS Pure Stock Android 8.1 Oreo
Dimensi, Berat 158,4 x 76,3 x 7,7 mm, 160 gram
Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
Navigasi GPS, AGPS, GLONASS
Konektivitas WLAN 802.11 b/g/n; support Wi-Fi direct

Bluetooth 4.2

Fitur Lain 4K UHD (3840 by 2160) video recording for main rear camera
FM radio
NXP smart amplifier
Tersedia warna Midnight Black, Space Blue, Meteor Silver

Gambar : YugaTech

Artikel Terkait

Rekomendasi Charger Super Fast Charging 25 dan 45 Watt untuk Samsung

Adaptor charger yang lambat dan bahkan sudah tidak sertakan lagi menjadi alasan kita ingin membeli charger baru....

Review ICONNET Layanan Internet PLN ICON+

Waktunya memberikan review kelebihan dan kekurangan serta tambahan informsi lain karena sudah genap 6 bulan 1 tahun...

eMMC vs UFS: Perbedaan dan Penjelasan Sederhana

Kapasitas penyimpanan, hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih sebuah ponsel sejak zaman feature phone hingga...

Cara Mengatasi Push Notification di Huawei Tidak Muncul atau Delay

Sudah dipastikan bahwa aplikasi yang masih menggunakan API push notification dari Google atau GMS pasti akan delay...

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pos Terkait

Kupon Diskon Ekstra 5%: TEMANREDPEDIA

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos Terbaru

Harga Spandek Besi dan Baja Terjangkau

Sebelum membeli material bangunan yang dibutuhkan, tidak ada salahnya untuk membandingkan terlebih dahulu. Baik dari tempat pembeliannya, merek yang akan dipilih, ukuran, dan juga...

Rekomendasi Charger iPhone PD Fast Charing Aman dan Berkualitas

Rekomendasi adaptor charger iPhone yang aman untuk BH(battery health) dengan protokol Power Delivery(PD) yang mendukung fast charging untuk iPhone 8 series, iPhone X series, iPhone 11 Series, iPhone 12 Series, iPhone 13 Series dan iPhone 14 series terbaru.

Penyebab Hard Disk Lemot atau Lambat di Komputer dan Laptop

Penyebab hard disk lemot! Sering kali kita mengalami program not responding yang membuang waktu yang berharga dan pekerjaan yang terganggu karena hard disk yang...