Cara Kerja VoIP

10/06/2017
Secara singkat prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.

Artikel ini merupakan lanjutan dari Pengertian dan Konsep Kerja VoIP dimana masuk dalam topik VoIP. Untuk melihat artikel yang berkaitan silahkan lihat daftarnya dibawah ini.
Konsep Cara Kerja VoIP

Cara Kerja VoIP 

Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.

Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaikan ; dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik.dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog.

Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara.

Pada perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatan pun berkembang, tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain seperti pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum.

Sistem Jaringan VoIP

Dalam skema kerjanya, VoIP juga memiliki alur atau urutan untuk melakukan transmisi data sehingga VoIP dapat menjadi sarana untuk berkomunikasi. Berikut gambaran sederhana jaringan VoIP.
Skema Jaringan VoIP
Skema VoIP
IP Telepon IP Telepon merupakan teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui jaringan data/internet.

Splitter
Splitter berfungsi memisahkan sinyal analog (suara) dan digital (koneksi data) supaya satu line telepon bisa dipakai baik untuk koneksi internet (digital signal) maupun telepon biasa (analog signal).

Kotak Terminal Batas (KTB)
KTB merupakan tempat penyambungan antara kabel penanggal / distribusi dengan kabel instalasi dalam rumah (indoor cable) yang mempunyai fungsi sebagai pembatas antara Instalasi Kabel Rumah (IKR) pada rumah pelanggan dengan saluran penanggal pada jaringan kabel.  

Distribution Point
Distribution Point adalah perangkat yang mendistribusikan jaringan berfungsi untuk menghubungkan kabel sekunder ke saluran dropwire ke rumah pelanggan, yang nantinya diteruskan oleh pesawat telepon.  

MSAN
MSAN atau Multi Service Access Node adalah suatu platform jaringan akses yang berfungsi sebagai gateway yang memberikan layanan triple play yaitu menyalurkan layanan high speed internet access (HSIA), voice packet dan layanan IPTV secara bersamaan melalui infrastruktur yang sama.

Metro Ethernet
Metro ethernet adalah jaringan komunikasi data yang berskala metro atau menjangkau satu kota besar dengan menggunakan teknologi ethernet sebagai protokol transportasi datanya  

Softswitch
Softswitch adalah suatu sisitem komunikasi NGN yang menggunakan standar terbuka untuk membuat jaringan terintegrasi dengan memadukan kemapuan layanan yang intelegence dalam menangani traffic voice, data dan multimedia secara lebih efisien dan dengan potensi nilai tambah layanan yang jauh lebih besar dari pada PSTN.  

Sentral Softswitch
Sentral softswitch berguna untuk menginformasikan billing, mengarahkan voice over packet building blocks, memvalidasiuser accounts, menyediakan service access, merutekansignalling messages kejaringan PSTN dan me-manage availability jaringan.
Setelah membaca artikel ini anda dapat melanjutkan artikel tentang VoIP yang lain, berikut daftarnya
1. Pengertian VoIP
2. Konsep Kerja VoIP
3. Konsep Kerja Protokoler Server Softswitch
4. Aplikasi VoIP
5. Keamanan Yang Diterapkan Pada VoIP
6. Kekurangan dan Kelebihan VoIP
Referensi
https://belajar.kemdikbud.go.id/SumberBelajar/tampilajar.php?ver=99&idmateri=75&mnu=Materi2 diakses 6 Oktober 2017 20:15 WIB  
Makalah SeminarKerja Praktek PENGGUNAAN SOFTSWITCH PADA VOICE OVER INTERNET PROTOCOL oleh Nia Fitriani (http://www.elektro.undip.ac.id/el_kpta/wp-content/uploads/2012/05/21060110141094_MKP.pdf diakses 2 Oktober 2017 pukul 20:45 WIB)  
Irawan, Budhi. 2005. Jaringan Komputer. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Jonathan, Davidson. 2000. Voice over IP Fundamentals. Cisco System.
Rafiudin, Rahmat. 2006. Protokol-protokol EsensialInternet. Yogyakarta

Seorang yang antusias dengan perkembangan teknologi dan informasi digital.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Ugi
AUTHOR
11/10/17 09.34 delete

Lanjutkan mas

Reply
avatar