Cara reset Windows yang lag dan lemot tanpa install ulang

Cara Reset Windows pada Laptop atau PC

Belum banyak orang yang tahu apabila OS Windows 8.1 atau 10 dapat direset atau dikembalikan ke pengaturan awal. Sedangkan sering kali laptop atau komputer PC kita menjadi lemot atau lag setelah lama digunakan. Hal tersebut pastinya dirasakan oleh hampir semua pengguna Windows. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara reset laptop atau PC dengan OS Windows 10 agar kembali gesit seperti setelah install ulang dengan melakukan reset pada Windows.

Pertama yang perlu diketahui tentang melakukan reset pabrik  suatu perangkat adalah hilangnya semua data, aplikasi, dan pengaturan yang telah kita simpan. Sedangkan pada kasus yang akan kita bahas ini kita melakukan reset pabrik pada OS Windows 10.

Untungnya fitur reset yang disedikan oleh Microsoft pada produk Windows-nya menyediakan dua pilihan, yaitu :

  1. Reset tanpa menghapus data pengguna 
  2. Reset sekaligus mengapus data pengguna pada Disk C atau keseluruhan hard disk

Usahakan listrik tidak padam ketika malakukan reset pada PC atau jika Anda menggunakan laptop maka harus menyambungkan charger agar dapat menggunakan fitur reset ini. Segala bentuk kehilangan data bukan tanggungjawab penulis dan lakukan backup data penting sebelum melakukan reset.

Pada opsi reset yang pertama memungkinkan pengguna Windows kembali ke pengaturan awal tanpa harus kehilangan foto, musik, video atau file pribadi. Jadi pada opsi reset pertama yang akan hilang hanyalah pengaturan dan aplikasi yang telah kita install. Sedangkan opsi yang kedua akan menghapus seluruh data pengguna seperti foto, musik, video atau file pribadi. Juga termasuk pengaturan dan aplikasi yang telah dipasang.

Untuk masuk ke menu Reset Windows kita harus ke menu Pengaturan atau Setting pada Windows dengan menekan tombol logo Windows  + X. Kemudian pilih Settings.

Setting atau Pengaturan Windows

Pilih menu Update & Security.

 Update & Security Windows

Pilih Recovery kemudian pada opsi Reset this PC klik Get started.

Recovery untuk reset Windows

Cara Reset Sistem Windows Tanpa Menghapus Data Pengguna

Untuk melakukan reset Winsows tanpa menghilangkan data pengguna maka pada menu Recovery kita pilih opsi Reset this PC dan klik Get started.

Kemudian pilih Keep my files kemudian tunggu sampai ada perintah selanjutnya.

Reset tanpa menghapus data pengguna

Pilih Next untuk melanjutkan.
Pada bagian ini kita dapat melihat software aplikasi apa saja yang akan terhapus.

List aplikasi yang akan dihapus

Pilih Next untuk melanjutkan.
Pada bagian ini adalah konfirmasi bahwa jika kita melakukan reset maka backup restore Windows versi sebelumnya (Windows 7 atau 8.1) akan hilang.

Konfirmasi bahwa jika kita melakukan reset maka backup restore Windows versi sebelumnya (Windows 7 atau 8.1) akan hilang.

Pilih Reset untuk mereset Windows.
Ini adalah konfirmasi terakhir sebelum proses reset akan dijalankan. Pada bagian konfirmasi ini pula terdapat rincian apa saja yang akan terjadi setelah reset selesai.

Konfrmasi terakhir untuk melakukan reset Windows

Cara Reset Sistem Windows Sekaligus Menghapus Data Pengguna

Untuk melakukan reset Winsows sekaligus menghilangkan data pengguna maka pada menu Recovery kita pilih opsi Reset this PC dan klik Get started.

Kemudian pilih Remove everything kemudian tunggu sampai ada perintah selanjutnya.

Pilih Just remove my files.
Opsi ini agar proses reset lebih cepat dan hanya menghapus Drive C.

Pilih Only the drive where Windows installed.
Opsi pertama untuk konfirmasi untuk hanya menghapus data yang ada di Drive C.

Pilih Next untuk melanjutkan.
Pada bagian ini adalah konfirmasi bahwa jika kita melakukan reset maka backup restore Windows versi sebelumnya (Windows 7 atau 8.1) akan hilang.

Pilih Reset untuk mereset Windows.
Ini adalah konfirmasi terakhir sebelum proses reset akan dijalankan. Pada bagian konfirmasi ini pula terdapat rincian apa saja yang akan terjadi setelah reset selesai.

Itulah cara reset Windows pada laptop atau PC tanpa install ulang tetapi memiliki hasil yang sama. Apabila masih bingung dengan cara yang saya jabarkan dapat ditanyakan permasalahnnya di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*