Cara Melacak dan Mengambil PIN Google AdSense di Kantor Pos

Cara Melacak dan Mengambil PIN Google AdSense di Kantor Pos

Solusi PIN AdSense tak kunjung datang sampai iklan tidak tampil di situs? Itulah pengalaman yang saya alami. Karena PIN yang sudah dua kali saya request tidak pernah sampai rumah maka saya berinisiatif untuk melacak dan mengambil surat PIN Google AdSense di kontor pos daerah Yogyakarta (Jogja) dan Bantul.  Tapi saya sebenarnya tidak tahu bagaimana cara mengambil surat PIN AdSense Google di kantor pos. Sehingga saya bertanya-tanya ke beberapa sumber yang memiliki pengalaman. Benar saja, setelah proses melacak yang panjang ternyata surat yang berisi PIN AdSense tersebut tidak sampai ke alamat rumah karena alasan tertentu dan saya akan bahas dilain kesempatan mengapa PIN AdSense tidak kunjung datang.

Sebenarnya saya mepunyai alasan khusus sampai membuat artikel ini, yaitu untuk berbagi pengalaman sekaligus membantu teman-teman yang baru melakukan verifikasi alamat melalui PIN agar tidak menunggu lama dan tidak perlu melakukan verifikasi dengan KTP. Walaupun kita dapat melakukan verifikasi dengan Paspor, KTP atau SIM tapi dengan mendapatkan fisik surat PIN Google AdSense bagi saya sendiri adalah hal yang unik dan berkesan, terutama untuk pengalaman pertama kali menjadi publisher Google AdSense.

Lalu bagaimana cara melacak dan mengambil surat PIN AdSense Google di Kantor Pos?
Sebelum membahas cara melacak dan cara mengambil PIN AdSense di Kantor Pos akan saya jelaskan terlebih dahulu tentang alasan mengapa PIN tidak sampai ke rumah, diantaranya adalah :

  • Alamat tidak diketahui pengantar / kurir
  • Surat PIN tertahan di Kantor Pos
  • Distribusi surat yang membingungkan kurir
  • PIN sudah diantar namun ternyata tidak ada penerima/perwakilan dialamat yg dituju

Nah, dari beberapa alasan tersebut seharusnya kita paham mengapa PIN tak kunjung datang. Untuk mengetahui atau melacak dimana surat PIN Google AdSense sekarg berada cukup mudah menurut saya. Hal yang perlu diketahui adalah dimana letak kantor pos yang melakkukan distribusi pertama dan distribusi terakhir atau melakukan antaran paket atau surat ke rumah penerima. Kantor pos yang melakukan distribusi biasanya di sebut dengen kantor DC (Delivery Center) dan biasanya bertingkat dari Provinsi – Kabupaten.

Cara Melacak Surat PIN Google AdSense di Kantor Pos

Tanyakan di Kantor Pos DC Provinsi

Pertama untuk mengetahui jalur distribusi surat yang diterima dari luar negeri adalah menaykanannya di kantor DC pusat. Dari informasi yang saya dapat alur distribusinya adalah semua paket dan surat yang diterima akan masuk terlebih dahulu ke kantor DC pusat provinsi, kemudian disebarkan kembali menurut regional daerah kabupaten atau kota yaitu DC kecamatan / kabupaten / kota. Atau bahkan surat kita dapat tertahan di DC Provinsi ini.

Kantor Pos DC Provinsi Jogja ( DC Plemburan)

Menanyakan alur distribusi sangat penting agar kita langsung memahami alur pelacakan surat kita. Fakta yang saya temunkan adalah  kantor pengiriman ke penerima tidak selalu sama dengan kabupatan atau kecamatan yang tercantum di alamatyang dituju.

Sehingga, jika kita menanyakan ke kantor pos kecamatan atau kantor pos terdekat rumah kita yang ada pengantar / kurirnya belum tentu surat kita ada disana. Jadi yang perlu kita lakukan jika PIN tidak ada di DC Provinsi adalah menayakan kemana distribusi surat sesuai alamat yang tertera.

Pada kasus saya kemarin CS Pos Indonesia sendiri juga menjawab dengan dua kemungkinan karena alamat saya sendiri dapat didistribusikan melalui DC Godean dan DC Bantul.

Mengecek Distribusi Surat di Kantor Pos DC Daerah

Kantor pos DC daerah yang saya maksud ini dapat terletak di kabupaten atau kecamatan tergantung kebijakan yang ada. Pada kasus saya sendiri kantor pos DC yang menerima distribusi setelah DC provinsi adalah kantor pos DC kabupaten.

Umumnya surat yang diterima dari DC provinsi dapat langsung diantarkan ke penerima sesuai alamat. Dari hal ini ada kemungkinan juga surat kita tertahan disini karena beberapa alasan mengapa surat tidak diterima tadi. Sehingga setalah sampai di DC kabupaten kita dapat langsung menayakan ke bagian CS apakah ada surat atas nama kita atau nama yang tertera di PIN AdSense.

Untuk kasus saya memang ada beberapa PIN AdSense yang tertahan di DC Bantul namun surat saya tidak ada di DC Bantul. Tapi untuk urutan distribusinya memang benar yaitu dari DC Provinsi langsung diantarkan ke DC Bantul yang saya datangi.

Untungnya pihak CS menghibungi atasan kalau tidak salah mungkin beliau supervisor bagian distribusi surat yang menjelaskan kemungkinan surat saya berada di agen kantor pos yang memiliki pengantar atau kurir. Sehingga saya juga harus mengecek ke kantor pos sesuai yang diarahkan.

Mengonfirmasi Kiriman PIN Google AdSense di Agen Kantor Pos

Untung saja agen yang dimaksudkan tidak jauh dari DC Bantul, yaitu hanya berada di depan Ps. Bantul. Disana saya langsung bertanya ke bagian loket dan langsung diarahkan untuk menanyakan langsung di kantor kurir pos. Setelah menunggu bebrapa saat surat PIN Google AdSense saya pun ditemukan.

 

Cara Mengambil Surat PIN Google AdSense di Kantor Pos

Dari proses saya sebelum-sebelumnya dapat saya simpulkan bahwa untuk mengmbil surat PIN Google AdSense dapat dilakukan langsung melalui CS atau langung ke bagian kantor kurir. Dengan menunjukan kartu identitas atau menyebutkan penerima surat maka akan lansguns di cek apakah di kantor pos tersebut ada surat atas nama penrima tersebut atau tidak. Untuk prosesnya dapat dibaca lengkap si postingan cara pengambilan surat di kantor pos.

Agen Pos Pasar Bantul

Dari semua proses tersebut sebenarnya kita tidak perlu langsung ke DC provinsi jika kita memang paham proses distribusinya, atau juga dapat bertanya di agen pos terdekat. Dari proses panjang yang saya jalani, saya juga mendapat ‘bonus’ dari Pak Prawoto yang pada kesempatan itu melayani saya menjelaskan mengapa surat PIN Google AdSense tidak kita terima.

Tambahan untuk Melacak dan Mengambil PIN Google AdSense di Kantor Pos
Dari informasi yang saya dapatkan ketika melakukan pelacakan surat di daerah Jogja saya mendapatkan kesimpulan

  • Penerima di alamat  Bantul diantaranya dapat di tanyakan di agen yang memiliki kurir.
  • Ada kemungkinan distribusi yang tertukar.
  • Setelah diterima di agen pos yang menerima surat PIN, sekitar 3 minggu surat diterima bila tidak diambil kemungkinan PIN akan dikirimkan kembali ke Malaysia.
  • Kantor pos DC berbeda beda setiap daerah.
  • Tidak ada jaminan alamat yang jelas surat akan diantarkan ke rumah.

Nah itulah Cara Melacak dan Mengambil PIN Google AdSense di Kantor Pos yang dapat saya bagikan. Sederhana namun sangat penting menurut saya pribadi. Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan berdiskusi dikolom komentar.

  • Unknown
    6 Oktober 2018 at 10:11

    Kak saya juga beralamat di bantul kelurahan tamanan ,kecamatan banguntapan,surat adsense saya sudah 2 kali tidak sampai kerumah dan yang ke 2 kalinya ini sudah 2 bulan lebih … saya langsung ke kantor pos banguntapan wiyoro tapi katanya belum ada surat seperti itu… kalo kayak gini saya harus ngambil dimana kak ?

  • Ragil Triatmojo
    6 Oktober 2018 at 10:14

    Kalo banguntapan setau saya juga cuma numpuk di pos wiyoro itu mas. Coba ke kantor pos pusat di Sleman (DC Plemburan), tanya kalo alamat yg tertera tu ditribusinya lewat mana aja.

  • Unknown
    7 Oktober 2018 at 11:51

    Oke kak, makasih infonya

  • Bodo Amat
    21 Oktober 2018 at 15:07

    Kalau saya udah pin ke 3 gk datang" mas. Alamatnya di jalan godean, trus saya harus kemana nij .iklan 1 bulan lagi udah gk tayang T.T

  • Ragil Triatmojo
    21 Oktober 2018 at 15:10

    Coba di trace di DC Godean terus ke Plemburan kalo ga sampe, tp kalo DC GOdean harusnya sampe rumah cz servicenya mereka optimal.

    Kalo males tinggal verif pake KTP/SIM aja

  • Unknown
    8 Januari 2019 at 19:50

    banguntapan yang wiyoro itu ya gan? sebaiknya kita ngecek setelah berapa minggu? saya di banguntapan juga

  • Ragil Triatmojo
    8 Januari 2019 at 19:52

    3 mingguan biasanya dah nyampe mas, kalo belom ada coba cek di plemburan. nanti dijelasin distribusinya kemana aja berdasar alamat. kalo bisa kasih contoh(gambar) bentuk surat adsensenya

  • asihaidar.blogspot.com
    9 Januari 2019 at 05:25

    verif pake sim pun masih diyanyain pinnya mas. Trus hrs gimana?

  • Ragil Triatmojo
    9 Januari 2019 at 05:27

    Setau saya mereka mintanya pake KTP/Domisili mas kalo yg pake kitas, soalnya alamat harus sama seperti yg tertulis di alamat tujuan

  • Perkembangan dan pengetahuan
    26 Januari 2019 at 05:58

    Saya mempunyai masalah yg sama,ada solusi lagi yg lain

  • Mas Muk
    22 Mei 2019 at 06:47

    Mbingungi

  • Ragil Triatmojo
    22 Mei 2019 at 06:48

    Verifikasi via e-KTP mawaon mas yen bingung

  • JejakKorea
    19 Januari 2020 at 03:12

    Adsense saya langsung verifikasi KTP dan pin akan dikirim setelah 3-5 hari tgl verifikasi KTP, PIN saya apakah akan sampai dengan aman gan?

  • Ragil Triatmojo
    19 Januari 2020 at 03:13

    Kalo akun lama misal udah verif KTP udah kelar, PIN ga dipake.

  • Jendela Dunia
    29 Januari 2020 at 10:34

    mas, saya tinggal di kecamatan semin, wonosari, Yogyakarta, kira-kira terkait surat adsense, saya melacaknya harus datang ke mana dulu ya?

  • Ragil Triatmojo
    29 Januari 2020 at 10:40

    Pertama tanya ke pos terdekat aja mas, tanya alamat yg dituju itu ikut DC mana. Sebenernya paling enak langsung tanya ke DC Plemburan yg pusatnya Pos di Prov. Jogja. Tp karena semin itu termasuk perbatesan jadi mending nanya ke pos terdekat dulu aja, cari aman.

    Kalo ga mau pusing ya verif KTP aja mas.

  • Cara Mengambil Surat PIN Google AdSense di Kantor Pos - REDpedia
    16 Februari 2020 at 21:48

    […] menggunakan KTP atau belum punya KTP. Pada kesempatan sebelumnya sudah saya jelaskan mengenai cara melacak surat PIN Google Adsense. Nah pada kesempatan kali ini akan saya jabarkan mengenai cara pengambilan surat yang tertahan di […]

  • Alasan PIN Gooogle AdSense Tak Kunjung Datang, Pak Pos Malas Antar? - REDpedia
    27 Februari 2020 at 18:38

    […] PIN Google Adsense yang tak kunjung sampai. Artikel ini juga merupakan terusan dari artikel Cara Melacak dan Mengambil PIN Google AdSense di Kantor Pos dan Cara Mengambil Surat PIN Google AdSense di Kantor Pos yang sudah saya bahas […]

  • lina
    6 Mei 2020 at 00:12

    kalo malas rekuest pin langsung pake KtP bisa tapi belom pernah rekuest pin

    • Ragil Triatmojo
      9 Mei 2020 at 01:21

      Kalau punya saya aukn 2014 harus req PIN 3x baru bisa pake KTP/SIM/Paspor. Kalau sekarang ga tau, tp keknya sdh berubah

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan*