$type=grid$show=home$count=4$m=0$sn=0$rm=0$host=https://www.redpedia.com

Mengatasi Webmail cPanel Tidak Bisa Menerima Email

Mengatasi email cPanel tidak bisa menerima email masuk yang disebebkan kesalahan konfigurasi MX Records dan Mail Exchanger.

Email di cPanel tidak bisa menerima email namun bisa mengirim email, kok bisa? Itulah permasalahan yang saya alami. Semula berawal saat hendak menggunakan email dengan domain brand untuk menjadikan email cadangan di akun sosial media dan ternyata membutuhkan autentikasi lanjut untuk menambah email.

Email cPanel Tidak Bisa Menerima Email

Saat membuka Webmail melalui cPanel  pun berjalan lancar dan  setelah login terlihat aneh karena inbox yang masuk tidak ada yang baru.Saya coba untuk mengirim email ke alamat email tersebut dan ternyata benar, bahwa semua email yang masuk tidak ada di inbox Webmail namun status terkirim. Anehnya adalah email tersebut masih bisa digunakan untuk mengirim email.

Bagaimana Bisa cPanel Tidak Bisa Menerima Email?

Setelah saya cari di forum-forum hosting ternyata ada 2 kemungkinan besar yang menyebabkan masalah Webmail cPanel tidak bisa menerima email yaitu :
  • Kesalahan konfigurasi routing email
  • MX Record pada DNS belum atau salah dikonfigurasi
Pada kasus yang saya alami ternyata pada DNS yang saya gunakan belum terkonfigurasi MX Record untuk emailnya. Saya juga tidak heran karena saat memindahkan domain manager dari cPanel ke Cloudflare hanya fokus pada website utama dan akses cPanel saja.

Cara Mengatasi Webmail cPanel Tidak Bisa Menerima Email

Dari 2 penyebab mungkin hanya salah satu saja yang menjadi pemicunya. Namun, lebih baiknya periksa semua hal yang beraitan dengan konfigurasi Webmail di cPanel. Utamanya cek bagian yang saya sebutkan tadi.

Konfigurasi Routing Email

Pastikan konfigurasi pada bagian ini sesuai dengan kebutuhan kita. Umumnya pada opsi pengaturan routing email ada 4 :
  1. Deteksi Otomatis
  2. Local Mail Exchanger
  3. Backup Mail Exchanger
  4. Remote Mail Exchanger 
Masing-masing dari 4 opsi tersebut memliki fungsi khususnya

Deteksi Otomatis
Pada opsi ini sistem akan mengidentifikasi konfigurasi yang dibutuhkan. Namun saya sarankan jangan gunakan opsi ini jika menggunakan beberapa domain sekaligus untuk webmail karena jika prioritas domain lebih rendah maka email akan dirouting ke domain tersebut. Sedangkan domain lainnya tidak bisa menerima email.
Pada opsi ini juga akan gagal jika Record Mail Exchange (MX) yang dikonfigurasi tidak benar atau belum ada, maka deteksi otomatis tidak akan terjadi dan Webmail menjadi bermsalah.

Local Mail Exchanger
Secara default mungkin pihak hosting akan memilih opsi ini. Pada opsi ini server akan selalu menerima email dan akan mengirimkan email ke kotak surat lokal pada Webmail.

Backup Mail Exchanger
Saya belum begitu paham dengan opsi ini, namun inti yang saya dapatkan adalah opsi ini digunakan untuk menampung email dan nantinya akan diteruskan ke mail exchanger(MX Record) lain yang aktif.

Remote Mail Exchanger
Untuk opsi ini jika kita pilih maka server tidak akan menerima email untuk domain yang dipilih. Sistem akan melanjutkannya ke mail exchanger bernomor paling rendah.
Dari semua opsi diatas opsi yang paling tepat untuk dipilih jika kita hanya memiliki 1 domain di cPanel adalah opsi Local Mail Exchanger. Namun jika masih gagal bisa dicoba opsi Deteksi Otomatis.

Konfigurasi MX Records

Pada cPanel terbaru saat ini pada bagian Routing Email akan langsuung disuguhkan peringatan mengenai MX Records yang harus dikonfigurasi. Wajar saja karena semua opsi yang saya jelaskan diatas tadi semuanya bergantung pada Mail Exchanger atau MX Records.

Untuk memastikan apakah kita sudah mengkonfigurasi MX Records dapat dilihat di Zone Editor (DNS). 

Konfigurasi MX Records untuk Webmail

Jika sudah memiliki pengaturan MX Records maka akan tampil di Zone Editor DNS seperti gamabar diatas. Sedangkan jika belum memilikinya tinggal ditambahan saja seperti menambahkan CNAME. 

Menambah MX Records untuk Webmail


Untuk pengisiannya sendiri sesuaikan dengan prioritas domain.


Isikan Prioritas sesuai domain yang diutamakan jika terdapat lebih dari 1 domain. Sedangkan isi Tujuan dengan domain yang akan digunakan sebegai domain email aktif.

Nah itulah cara Mengatasi Webmail cPanel Tidak Bisa Menerima Email yang dapat saya jelaskan segaligus pengalaman yang terjadi di situs Gisa Craft yang saya kelola. Mungkin masih terdapat kekurangan dalam penjelasan yang saya berikan sehingga jika masih bingung bisa ditanyakan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

KOMENTAR

GOOGLE: 1
Loading...
Nama

Adsense,4,Android,2,Berita,1,Blogger,2,Corel,1,Hackintosh,1,Hosting,2,Jaringan,9,Kesehatan,1,Komputer,3,Photoshop,1,PIN,3,Review,1,SEO,2,Teknologi,1,Tips,7,Tutorial,17,Windows,1,
ltr
item
REDpedia: Mengatasi Webmail cPanel Tidak Bisa Menerima Email
Mengatasi Webmail cPanel Tidak Bisa Menerima Email
Mengatasi email cPanel tidak bisa menerima email masuk yang disebebkan kesalahan konfigurasi MX Records dan Mail Exchanger.
https://3.bp.blogspot.com/-J4v3F2raIk0/Wk9ogzlrOXI/AAAAAAAACag/yN6Y4WsGwcIAJbG9TtGvh7w4JQfzgBgAACLcBGAs/s640/hosting.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-J4v3F2raIk0/Wk9ogzlrOXI/AAAAAAAACag/yN6Y4WsGwcIAJbG9TtGvh7w4JQfzgBgAACLcBGAs/s72-c/hosting.jpg
REDpedia
https://www.redpedia.com/2018/01/webmail-cpanel-tidak-bisa-menerima-email.html
https://www.redpedia.com/
https://www.redpedia.com/
https://www.redpedia.com/2018/01/webmail-cpanel-tidak-bisa-menerima-email.html
true
8214152867759082172
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts View All Readmore Balas Batalkan Hapus By Home HALAMAN POSTS Tampilkan Semua Halaman REKOMENDASI LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN PREMIUM STEP 1: Bagikan untuk melihat. STEP 2: Klik salah satu tombol bagikan unyuk melihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy