Cara Cek Tipe dan Model Chipset DAC di Android

10/02/2017
Baru-baru ini marak sekali gadget keluaran terbaru yang menawarkan pengalaman audio yang 'wah'. Dimana tiap vendor mengeluarkan gadget flagship mereka dengan chipset DAC yang dapat dibilang sangat mumpuni dan premium. Bagi para audiophiles tentu saja hal ini sangat menggiurkan, terutama bagi audiophiles yang 'kere-hore' dan malas untuk membeli external DAC.

Cara Cek Tipe dan Model Chipset DAC di Android


Lalu apa sebenernya chipset DAC itu?

Secara sederhana, DAC dapat diartikan sebagai pengubah sinyal audio digital menjadi sinyal audio analog. Kepanjangan dari DAC sendiri adalah Digital to Analog Converter. Jadi dapat disimpulkan bahwa chipset DAC inilah yang memproses audio sehingga dapat kita dengar melalui headset ataupun speaker. Sehingga semakin bagus chipset DAC yang terpasang maka kualitas audio yang dihasilkan seharusnya semakin bagus. Namun hal ini tentu juga tergantung dari kualitas file dan kualitas speaker atau headset yang kita gunakan.

Pada gadget Android sendiri ada banyak sekali jenis chipset DACnya, mulai dari yang integrated maupun yang sudah dedicated. Nah pada artikel kali ini akan saya bagikan tutorial untuk mengintip tipe dan model chipset DAC yang ditanamkan di gadget Android kita.

Untuk dapat melakukannya kita memerlukan koneksi internet dan tentunya adalah gadget Android yang akan kita cek. Disini kita akan menggunakan software yang tersedia di Play Store yang bernama Device Info HW. Entah mengapa aplikasi terebut saya rasa lebih komplit memberikan detail tiap hardware yang ada dibandingkan aplikasi hardware checker lainnya.

Oke, setelah penjelasan singkat diatas mari kita simak langkah untuk melihat tipe dan model chipset DAC.

Buka Play Store

Ketik dengan kata kunci Device Info HW pada kolom pencarian. Aplikasinya menggunakan ikon khas warna hijau. Kemudian buka kemudian install.

Aplikasi Device Info HW


Melihat Informasi Hardware

Setelah aplikasi sudah terinstal, langsung saja kita buka aplikasi tersebut. Untuk melihat tipe chipset DAC yang digunakan, pilih tab General. Kemudian gulir ke bawah sampai ada tulisan Audio.

Detail Chipset DAC Device Info HW

Jika gadget Android kita sudah memiliki dedicated DAC maka akan muncul tipe dan modelnya. Namun apabila masih menggunakan integrated DAC dari SoC, maka DAC yang digunakan tidak ditampilkan.

Setelah mengetahui tipe model chipset DAC yang dipakai cobalah cari review tentang chipset tersebut, kemudian bandingkan dengan penggunaan sehari-hari. Lalu nilai sendiri dengan pengalamanmu menggunakan perangkat yang selama ini dipakai.

Namun seperti yang saya katakan diawal tadi, chipset DAC bagus tidak menjamin kualitas audio yang dihasilkan karena masih ada faktor kualitas file dan kualitas speaker/headset yang kita gunakan. Bahkan jenis kabel yang digunakan juga akan mempengaruhi output suara.

Semoga dengan artikel ini sekarang kalian dapat mengetahui cara melihat tipe dan model chipset DAC yang digunakan di Android. Dengan begitu saat kalian meminjam gadget teman dan kualitas audionya cocok dengan headset yang kita pakai, kita tinggal download dan lihat jenis chipset DACnya.

Seorang yang antusias dengan perkembangan teknologi dan informasi digital.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »