Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Akan Dibuka? Berikut Ini Informasinya

Dukung REDpedia Terus Berkarya

Berikan dukunganmu agar REDpedia terus aktif memberikan konten bermanfaat untuk kita semua.

Secara resmi pendaftaran resmi Kartu Prakerja Gelombang 10 telah ditutup pada tanggal 28 Septermber 2020. Namun dapat diketahui bahwa secara tertulis Kartu Prakerja hanya terdiri dari 10 gelombang di 2020 ini. Nah, kabar baiknya akan ada peluang mengenai dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11. Mari kita bahas informasi mengenai kemungkinan kapan Kartu Prakerja Gelombang 11 akan dibuka.

Kuota Peserta Kartu Prakerja 2020

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Program Kartu Prakerjaakan menerima pendaftaran sebanyak 5,6 juta peserta dan anggaran sebesar Rp 20 triliun. Sedangkan dari berbagai media juga disebutkan bahwa gelombang 10 merupakan penuntasan daripada kuota untuk 2020.

Sedangkan disebutkan bahwa akan ada pencabutan kepesertaan apabila belum membelanjakan saldo yang diberikan untuk pelatihan pertama. Yang tentunya jumlah kuota yang sudah terpenuhi tentunya akan menjadi berkurang dan tidak 100% mencapai target awal.

Dalam hal ini ada kemungkinan tidak terpenuhinya kuota penerima Program Prakerja 2020. Sedangkan seharusnya kuota yang ada harus benar-benar 100% terisi agar anggaran yang sudah ‘diketok’ dapat teresap sepenuhnya.

Pencabutan Kepesertaan Penerima Kartu Prakerja

Informasi Pencabutan Peserta Kartu Prakerja Gelombang 6Melihat dari akun Instagram resmi Program Prakerja, seleksi untuk pencabutan kepesertaan baru sampai dengan gelombang 6. Dikutip dari KOMPAS bahwa ada 189.436 peserta yang dicabut kepesertaannya atau sebanyak 3,46% dari total kuota Kartu Prakerja.

Pencabutan ini tidak lain karena peserta yang diterima tidak mengikuti pelatihan pertama dalam 30 hari. Rencananya, Komite Cipta Kerja akan mengalokasikan dana dan kuota peserta yang dicabut untuk peserta lainnya.

Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Akan Dibuka?

Dikutip dari KOMPAS, Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, ada atau tidaknya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 nantinya akan tergantung dari keputusan komite.

“Gelombang 10 ini menuntaskan kuota tahun 2020. Apakah akan ada gelombang tambahan itu tergantung keputusan KCK,” kata Louisa kepada Kompas.com, Minggu (27/9/2020).

Karena belum pasti tentunya kita harus sabar menunggu kabar terbaru mengingat keputusan seleuruhnya diambil oleh Pemerintah.

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11

Seharusnya persyaratan pendaftaran tetaplah sama seperti gelombang sebelumnya jika Kartu Prakerja Gelombang 11 benar-benar dibuka. Yang jelas kemungkinan adanya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 dilakukan untuk memenuhi sisa kuota yang ada akibat pencabutan kepesertaan.

 

Artikel Terkait

Kapan Siaran TV Analog Dimatikan dan Diganti TV Digital?

Bukan sekedar isu atau kabar bohong, siaran TV analog memang sudah akan dimatikan dan digantikan dengan siaran...

Apa itu Aplikasi Android AAB?

Pembaca yang sedang mencari tentang apa itu aplikasi android dengan format AAB mungkin sedang kebingungan karena aplikasi...

Tambah Pengetahuan Berbagai Macam Penyakit di Direktori Penyakit SehatQ.com

Tidak mungkin kita cuek dengan kesehatan karena kesehatan adalah faktor utama kita dapat beraktivitas. Karena itu kita...

5 Tempat Wisata Alam ‘Rahasia’ di Jogja Yang Jarang Diketahui

Selain terkenal akan kekentalan adat dan budaya, Jogja juga memiliki potensi wisata yang sangat menarik. Berbagai objek...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pos Terkait

Kupon Diskon Ekstra 5%: TEMANREDPEDIA

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos Terbaru

Kapan Siaran TV Analog Dimatikan dan Diganti TV Digital?

Bukan sekedar isu atau kabar bohong, siaran TV analog memang sudah akan dimatikan dan digantikan dengan siaran TV digital. Proses migrasi ini disebut dengan...

Cara Menonton Siaran TV Digital

Cara menonton Siaran TV digital sebenarnya tidak berbeda dengan tv analog. Perbedaan yang ada adalah perangkat yang di butuhkan. Itupun jika ternyata TV lama...

Rekomendasi Charger Super Fast Charging 25 dan 45 Watt untuk Samsung

Adaptor charger yang lambat dan bahkan sudah tidak sertakan lagi menjadi alasan kita ingin membeli charger baru. Tetapi ada hal yang membuat kita jarang...