Seputar Kartu Prakerja yang Perlu Anda Tahu

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Akan Dibuka? Berikut Ini Informasinya

Secara resmi pendaftaran resmi Kartu Prakerja Gelombang 10 telah ditutup pada tanggal 28 Septermber 2020. Namun dapat diketahui bahwa secara tertulis Kartu Prakerja hanya terdiri dari 10 gelombang di 2020 ini. Nah, kabar baiknya akan ada peluang mengenai dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11. Mari kita bahas informasi mengenai kemungkinan kapan Kartu Prakerja Gelombang 11 akan dibuka.

Kuota Peserta Kartu Prakerja 2020

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Program Kartu Prakerjaakan menerima pendaftaran sebanyak 5,6 juta peserta dan anggaran sebesar Rp 20 triliun. Sedangkan dari berbagai media juga disebutkan bahwa gelombang 10 merupakan penuntasan daripada kuota untuk 2020.

Sedangkan disebutkan bahwa akan ada pencabutan kepesertaan apabila belum membelanjakan saldo yang diberikan untuk pelatihan pertama. Yang tentunya jumlah kuota yang sudah terpenuhi tentunya akan menjadi berkurang dan tidak 100% mencapai target awal.

Dalam hal ini ada kemungkinan tidak terpenuhinya kuota penerima Program Prakerja 2020. Sedangkan seharusnya kuota yang ada harus benar-benar 100% terisi agar anggaran yang sudah ‘diketok’ dapat teresap sepenuhnya.

Pencabutan Kepesertaan Penerima Kartu Prakerja

Informasi Pencabutan Peserta Kartu Prakerja Gelombang 6Melihat dari akun Instagram resmi Program Prakerja, seleksi untuk pencabutan kepesertaan baru sampai dengan gelombang 6. Dikutip dari KOMPAS bahwa ada 189.436 peserta yang dicabut kepesertaannya atau sebanyak 3,46% dari total kuota Kartu Prakerja.

Pencabutan ini tidak lain karena peserta yang diterima tidak mengikuti pelatihan pertama dalam 30 hari. Rencananya, Komite Cipta Kerja akan mengalokasikan dana dan kuota peserta yang dicabut untuk peserta lainnya.

Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Akan Dibuka?

Dikutip dari KOMPAS, Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, ada atau tidaknya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 nantinya akan tergantung dari keputusan komite.

“Gelombang 10 ini menuntaskan kuota tahun 2020. Apakah akan ada gelombang tambahan itu tergantung keputusan KCK,” kata Louisa kepada Kompas.com, Minggu (27/9/2020).

Karena belum pasti tentunya kita harus sabar menunggu kabar terbaru mengingat keputusan seleuruhnya diambil oleh Pemerintah.

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11

Seharusnya persyaratan pendaftaran tetaplah sama seperti gelombang sebelumnya jika Kartu Prakerja Gelombang 11 benar-benar dibuka. Yang jelas kemungkinan adanya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 dilakukan untuk memenuhi sisa kuota yang ada akibat pencabutan kepesertaan.

 

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*