Pinus Pengger

5 Tempat Wisata Alam ‘Rahasia’ di Jogja Yang Jarang Diketahui

Selain terkenal akan kekentalan adat dan budaya, Jogja juga memiliki potensi wisata yang sangat menarik. Berbagai objek wisata dapat kamu nikmati di Jogja mulai dari gunung, bukit, pantai, hingga air terjun. Tak hanya turis lokal, turis mancanegara pun terpesona dengan objek wisata yang ada di Jogja.

Kali ini akan kita bahas tentang wisata alam yang berada di Jogja bagian selatan atau lebih tepatnya Kabupaten Bantul. Mungkin bagi pelancong luar kota hanya familiar dengan Pantai Parangtritis, Gumuk Pasir atau di bagian timur ada Kebun Buah Mangunan. Untuk itu kita akan membahas 5 tempat wisata alam yang belum populer namun sangat direkomendasikan untuk dikujungi.

Sebelumnya jangan takut soal medan jalan yang dilalui karena tidak terlalu terjal dan tentunya mudah diakses dengan mobil ataupun sepeda motor. Sedangkan jika kamu sedang travelling ke Jogja menggunakan kereta atau kendaraan umum lain jangan takut, karena di Jogja terdapat banyak rental mobil,

Yuk langsung kita bahas rekomendasi tempat wisata alam yang wajib dicoba di Jogja bagian selatan.

Selopamioro Adventure Park


Selopamioro Adventure Park berlokasi di dusun Jetis, Selopamioro, Imogiri, Bantul.  Objek wisata ini diresmikan pada bulan Mei 2018. Selopamioro Adventure Park merupakan wisata air. Disini kamu dapat menimakti rafting dengan sensasi yang berbeda karena pemandangan yang disuguhkan dapat memanjakan mata. Kamu dapat melihat pegunungan yang indah dan asri. Untuk dapat menikmati paket rafting menyusuri sungai Oyo, harga paket yang ditawarkan mulai dari Rp. 150.000.

Fasilitas yang tersedia di lokasi ini sudah lengkap mulai dari musholla, tempat parkir, toilet umum, ruang ganti baju, gazebo, peralatan rafting, dll. Selopamioro Adventure Park buka setiap hari dari pukul 08.00 – 18.00 WIB. Rute menuju Selopamioro Adventure Park cukup mudah. Dengan sekitar 24 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dan dengan jarak tempuh 50 menit kamu akan mencapai tempat wisata ini. Jalur dan rute lebih lengkapnya dapat menggunakan google maps.

Desa Wisata Srikeminut

Desa Wisata SrikeminutTak jauh dari lokasi Selopamioro Adventure Park terdapat sebuah desa wisata bernama desa wisata Srikeminut. Ikon utama dari desa wisata ini adalah jembatan gantung dengan pemandangan alam pegunungan Imogiri yang menawan. Pada tahun 2017, jembatan gantung ini sempat rubuh karena bencana alam namun pada awal tahun 2020 jembatan gantung kembali dibagun dan diresmikan kembali. Tiket masuk objek wisata ini gratis, kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja. Untuk dapat mencapai desa wisata Srikeminut, dapat ditempuh dengan waktu sekitar 50 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Jurang Tembelan

 

Jurang TembelanSetelah menikmati wisata air di sepanjang sungai Oya, kamu dapat menikmati indahnya sungai oya dari ketinggian di Jurang Tembelan. Lokasi Jurang Tembelan berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Jurang tembelan merupakan objek wisata yang menyuguhkan pemandangan cantik berupa deretan pegunungan sewu dan aliran sungai Oya dari atas ketinggian. Di tempat ini terdapat banyak spot foto yang terdapat di tepi jurang yang dapat memacu adrenalinmu. Harga tiket masuk lokasi ini cukup terjangkau yaitu Rp. 2.500 saja. Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap meliputi toilet, area parkir, dan warung. Jurang Tembelan buka setiap hari 24 Jam. Untuk mencapai Jurang Tembelan kamu perlu menempuh perjalan kurang lebih 90 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk

Objek wisata Bukit Panguk Kediwung berlokasi tak jauh dari Jurang Tembelan, tepatnya di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogayakrta. Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 24 kilomenter dan waktu tempuh sikitar 1 jam 45 menit. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah ketika sunrise. Dari tempat ini kamu dapat menikmati indahnya matahari terbit dari balik pegunungan seribu yang diselimuti kabut tipis. Harga tiket masuk cukup terjangkau hanya Rp. 7000.

Hutan Pinus Pengger

Pinus PenggerHutan Pinus Pengger berlokasi dibagian utara kec. Dlingo yang berjarak sekitar 19 kilometer dari kota Yogyakarta dan waktu tempuh sekitar 45 menit. Disini kamu dapat menikmati asrinya hutan pinus. Suasana yang sejuk, teduh, dan alami dapat membuat kamu semakin betah bersantai disini. Spot foto iconic dari Hutan Pinus Pengger adalah spot foto yang terdapat di tepi jurang. Disana kamu dapat melihat hamparan perkotaan Yogyakarta dari ketinggian. Lokasi ini buka dari pukul 05.30 – 24.00 WIB. Tiket masuk lokasi ini sangat terjakau yaitu Rp. 2.500/orang.

Itulah kelima tempat wisata alam yang masih belum terlalu ramai namun memiliki pesona dan keasrian. Sedangkan jika kamu membutuhkan informasi tentang sewa mobil Jogja lepas kunci, kamu dapat langsung membuka TIKET.com. Tentunya kamu akan mendapatkan penawaran menarik dengan cara yang mudah dan terpercaya.

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*