Tips Mengatur Keuangan Bulanan Agar Tidak Buntung

Terkadang kita tledor atau kurang tepat dalam mengatur uang bulanan. Memanglah kita bisa menjadi serba salah ketika tidak memiliki strategi atau manajemen keuangan yang baik. Terlebih jika ada kebutuhan yang mendadak dan kita tidak memiliki tabungan.nNah kali ini Redpedia akan berbagi tips mengenai cara mengatur keuangan bulanan.

Mencermati Pemasukan Tiap Bulan

Pertama adalah memperhatikan pemasukan bulanan. Dengan memperhatikan pemasukan tiap bulan tentunya kita akan mengetahu kapasitas isi dompet kita nantinya. Selain itu dengan mengetahui pemasukan bulanan kita dapat membaginya sesuai dengan perencanaan yang akan kita lakukan.

Membagi Alokasi Keuangan

Setelah mengetahui pendapatan yang ada tiap bulan kemudian kita dapat membaginya sesuai dengan kebutuhan. Namun disini kita harus memiliki list perencanaan keuangan terlebih dahulu. Kemudian kita bagi lagi dengan tabungan atau cicilan lainnya.

Mendaftar Kebutuhan Bulanan

Agar pengalokasian keuangan lebih mudah maka kita dapat mendaftar kebutuhan bulanan. Daftar ini dapat berisi tentang daftar belanja, daftar tagihan sperti listrik, internet atau air. Juga termasuk daftar cicilan cicilan seperti cicilan mobil, rumah.

Selain itu alokasi untuk tabungan atau investasi juga dapat dimassukan keisini untuk mendetailkan kebutuhan bulanan.

Rutin Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Agar tidak terjadi defisit tentunya kita harus memantau dengan melakukan pencatatan pemasukan dan pengelaran biaya. Dengan adanya catatan seperti ini kita dapat mengetahui secara langsung performa keuangan kita setiap bulan.

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit memanglah harus dihindari karena dengan godaan simpel atau promo yang banyak malah dapat membengkakkan tagihan nantinya.
Sehingga jika ingin menggunakan kartu kredit tetaplah harus sesuai dengan kebutuhan.

Jangan Lupa Prioritaskan Tabungan dan Investasi

Hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan kemungkinan kemunginan yang tidak terduga. Dari sudut  pandang ini lah kita harus siaga dalam menjaga isi tabungan. Menabung setiap bulan adalah hal yang perlu diprioritaskan.

Sedangkan untuk investasi sendiri juga akan membantu pendapatkan kita tiap bulan, dimana kita juga mendapatkan penghasilan dari investasi yang kita lakukan.

Nah itulah tips mengatur keuangan bulanan agar tidak buntung yang dapat REDpedia bagikan. Semoga tips ini dapat membatu pembaca yang sedang bingung dengan manajemen keuangannya.

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*