Tips Klaim Asuransi Agar Tidak Ditolak

Seringkali kita sudah ikut asuransi tapi malah gagal dalam melakukan klaim. Dan yang biasanya terjadi adalah disebabkan karena jangka waktu yang sudah terlewat lama ataupun kelengkapan syarat yang kurang. Pada kesmepatan kali ini REDpedia akan berbagi tips tentang klaim asuransi agar tidak bermasalah.

Rutin Bayarkan Premi Tepat Waktu

Hal yang utama dan harus diperhatikan adalah tidak ada tunggakan premi. Karena jika masih ada tunggakan tagihan tentu saja akan bermasalah nantinya ketika kita ingin mengajukan klaim. Untuk itu pastikan tidak ada tunggakan sebelum mengajukan klaim dan segera lunasi tagihannya.

Perhatikan Jangka Waktu Maksimal Klaim

Pada setiap jenis asuransi tentunya berbeda masa berlaku untuk klaim asuransinya. Untuk itu jangan sungkan untuk menghubungi pihak asuransi terlebih dahulu, baru kemudian lengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Perhatikan Dokumen Yang Diperlukan Untuk Klaim

Mencegah penolakan klaim karena masalah dokumen yang tidak lengkap tentunya harus diwaspadai,  untuk itu pastikan ketika menghubungi pihak asuransi untuk mengajukan klaim pastikan kembali persyaratan dokumen yang dibutuhkan.
Biasanya dokumen umum yang dipergunakan untuk adminstrasi klaim asuransi kecelakaan seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), surat keterangan dokter, laporan kepolisian, data ahli waris, surat keterangan visum (jika dibutuhkan), dan sebagainya.
Sedangkan untuk asuransi kendaraan data yang diperlukan terkait masalah yang dialami seperti tempat dan tanggal kejadian, kerugian yang dialami, detail kejadian, dan sertakan data dari pihak ketiga atau saksi. Termasuk juga data seperti fotokopi surat izin mengemudi (SIM), STNK, laporan dari polisi (jika ada), dan bagian kendaraan yang mengalami kerusakan.

Selalu Update Informasi

Jangan lupa untuk melakukan update informasi mengenai kebijakan klaim yang berlaku. Jika terdapat peraturan baru dari suatu instansi atau perubahan formasi terntusaja kita akan kerepotan. Misalkan saja pengurusan surat-surat dari kepolisian.
Dengan update informasi pelayanan umum seperti ini tentunya akan mempermudah dan mempercepat dalam pengurusan surat yang diperlukan.

Dengan memperhatikan itu semua tentunya kemungkinan klaim ditolak karena kesalahan administrasi dapat diminimalisir. Itulah tips dan tirik untuk melakukan klaim asuransi dengan tepat dan cepat.

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*