Berbagi Koneksi Internet Hotspot Wifi ke Ponsel Lain di Android

10/28/2017
Berbagi Koneksi Internet Hotspot Wifi ke Ponsel Lain di Android - Saat kita ingin berinternet ria di wifi.id Corner atau kafe internet sejenis pasti sering mengalami gangguan saat mencoba terhubung ke wifi. Dari permasalahan tersebut terkadang kita merasa lebih baik membagi lagi koneksi internet yang sudah terhubung di salah satu ponsel ke ponsel yang lain(tethering) ntah itu Android atau bukan. Nah pada artikel kali ini akan kita bahas bagaimana cara membagikan koneksi internet pada hotspot wifi yang diterima ke ponsel lain yang tidak bisa terhubung ke hotspot wifi. Singkatnya saya akan memberi tutorial untuk membagi lagi koneksi internet yang kita dapat dari salah satu gadget ke gadget lain menggunakan tethering Bluetooth.

Tutorial membagi dan menyebarkan koneksi internet yang kita dapat di ponsel android dengan membagi lagi koneksi hotspot wifi yang tersambung ke ponsel lain melalui tethering bluetooth.

Saat membuat artikel ini pun saya juga teringat saat kopdar bersama teman masa SMP dulu di Loop Station Yogyakarta. Pada awalnya memang semua terhubung dengan normal dan lancar. Akan tetapi, saat kita pergi sebentar untuk mencari makan dan balik lagi untuk bermain game bersama, yang bisa terhubung dengan lancar hanya 2 hp saja. Sedangkan 5 hp lain tidak dapat terhubung dengan status stuck di optining IP Address.

Hal tersebut aneh rasanya karena pada saat itu hanya ada sekitar 15 orang disana. Nah daripada gagal mabar akhirnya saya pun berinisiatif untuk melakukan tethering Bluetooth. Cara ini memang simpel dan hemat untuk masalah wifi seperti ini. Kenapa? Karena kita cukup membeli 1 voucher internet saja dan tinggal membagikannya melalui Bluetooth dengan konsekuensi koneksi tidak begitu cepat karena Bluetooth tidak akan lebih dari 1 MBps namun cukup stabil dan lancar jika hanya untuk bermain game online.

Walaupun ini sangat bermanfaat namun juga sedikit merugikan beberapa pihak, yaitu reseller voucher dan penyedia layanan. Karena hal tersebut, maka gunakan cara ini hanya bila benar-benar darurat seperti kondisi saya saat itu.

Lalu bagaimana caranya? Simak caranya dibawah ini.

Share Koneksi Internet Hotspot Wifi Yang Tersambung ke Ponsel Lain


Ada beberapa syarat untuk untuk membagikan lagi koneksi internet dari wifi ke hp lain, yaitu :
  1. Ponsel yang akan digunakan sebagai pusat dapat terhubung ke hotspot wifi dan mendapatkan koneksi internet.
  2. Ponsel yang menajdi pusat mendukung fitur Bluetooth Tethering.
  3. Ponsel yang ingin disambungkan dapat saling terhubung ke ponsel pusat melalui Bluetooth.
  4. Tentunya ada satu buah ponsel pusat.
Pada kasus ini syarat nomer 2 dan 3 merupakan syarat mutlak, sehingga jika salah satunya tidak bisa maka tutorial ini tidak bisa dijalankan.

Sambungkan Ponsel ke Wifi
Setelah 4 syarat tersebut terpenuhi langkah selanjutnya adalah menyambungkan ponsel ke wifi. Pastikan kita terhubung dan mendapatkan koneksi internet. Saya akan memberikan contoh menggunakan Samsung Galaxy Note saya sedangkan nantinya perangkat yang tersambung adalah LG L70. Maka dari itu apabila terdapat perbedaan letak menu mohon dimaklumi.
Menyambungkan Ponsel ke Wifi


Aktifkan Mode Tethering Bluetooth
Kemudian atur agar ponsel kita agar melakukan tethering melalui bluetooth. Caranya masuk ke menu Setting lalu pilih opsi Tethering and Mobile hotspot. Untuk mengaktifkan fitur tethering via bluetooth cukup aktifkan dengan menyentuh opsi Bluetooth  tethering, sehingga jiika sudah aktif akan muncul tanda centang disampingnya.
Mengaktifkan Bluetooth Tethering


Ijinkan Perangkat Lain Menemukan Perangkat Kita
Sedangkan untuk menghubungkan ponsel lainnya kita perlu ke menu pengaturan bluetooth. Pada menu opsi bluetooth, atur agar perangkat lain dapat melihat bluetooth kita. Caranya dengan sentuh kotak pada samping nama perangkat kita hingga tercentang hijau dan menunjukan hitungan mundur.
Mengizinkan Penambatan Perangkat Bluetooth


Sabungkan Ponsel Ke Ponsel Yang Menjadi Pusat
Langkah terakhir yaitu menyambungkan ponsel lain ke ponsel pusat yang kita atur tadi. Caranya cukup seperti biasanya kita menyambungkan perangkat melalui bluetooth. Kita cukup mengaktikan bluetooth dan menggunggu perangkat terdeteksi. Kemudian sentuh nama perangkat yang ingin disambungkan.
Menyambungkan Antar Ponsel
Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi kode untuk dapat terhubung. Pada bebeapa perangkat ponsel kode ini akan muncul otomatis, namun ada juga yang harus input manual.
Konfirmasi kode penyambungan bluetooth

Pastikan Fitur Tethering Bluetooth Aktif
Kemudian pastikan perangkat yang tersambung menggunakan fitur tethering bluetooth. Fitur ini dapat kita lihat dengan membuka profile bluetooth ponsel pusat melalui menu bluetooth pada ponsel yang tersambung. Pastikan terdapat status bahwa mode tethering melalui bluetooth sudah aktif disisi klien.
Status Tethering Bluetooth

Kita juga dapat elihatnya di sisi pusat. Seperti ini tampilannya.
Status Tethering Bluetooth


Cek Koneksi Tersambung
Nah yang terakhir tinggal  kita pastikan apakah ponsel kita sudah mendapatkan koneksi internet atau belum. Cukup tes saja dengan mengakses situs di browser.
Tes Koneksi Tethering Bluetooth


Itulah cara menyebarkan koneksi internet dari wifi ke ponsel lain melalui bluetooth. Share dan berikan like jika artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba !

Seorang yang antusias dengan perkembangan teknologi dan informasi digital.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »