Cara Nembak WiFi dan Menyebarkannya Kembali

Cara nembak wifi dan menyebarkannya kembali untuk mendapatkan akses internet wifi gratis ataupun berbayar memang banyak cara dan topologinya. Sedangkan cara nembak wifi bisa dilakukan dengan alat sederhana atau dengan router CPE. Seperti saat rumah kita dekat dengan hotspot Wifi.ID Corner dan kita ingin nembak wifi tersebut agar dapat menikmati akses wifi.id tanpa harus ketempatnya. Berbeda lagi ketika dekat rumah kita ada kafe yang menyediakan akses hotspot wifi gratis dan kita ingin menembak wifi tersebut dengan diam-diam, jika seperti ini maka alat yang dibutuhkan harus bisa berkamuflase.

Sedangkan untuk menembak wifi.id sendiri kita harus tau bagaimana kondisi akses point (AP) yang ada dan membutuhkan alat yang lebih khusus agar koneksi yang didapatkan nanti stabil. Nah, pada kesempatan kali ini akan saya bagikan Cara Nembak WiFi dan Menyebarkannya Kembali dengan alat sederhana dimana dapat digunakan di kedua kondisi yang saya sebutkan tadi.

Pada dasarnya alat pada hotspot wifi akan diatur sebagai pemancar atau disebut akses poin (AP) sedangkan yang terhubung kesana disebut klien (Station). Sehingga untuk menembak wifi kita memerlukan alat yang bersifat menerima wifi. Disini akan saya berikan dua opsi : opsi murah dan opsi modal. Langsung saja kita bahas kedua opsi tersebut.

Nembak Wifi Dengan TP Link USB

Seperti judulnya, opsi nembak wifi sederhana ini modalnya tidak lebih dari 150 ribu rupiah. Dengan modal seminim itu kita dapat ‘menikmati’ wifi tetangga tanpa harus mendekat. Akan tetapi konsekuensi untuk opsi versi kere hore ini adalah kita tidak bisa menyebarkannya lagi ke perangkat lain, sehingga hanya 1 perangkat saja yang dapat berwifi ria dan itupun harus berstatus sebagai komputer.

Alat yang berfungsi sebagai station di opsi ini adalah USB Wifi Reciever. Di toko-toko komputer banyak sekali dan harganya bervariasi. Disini saya akan menggunakan mini receiver TP-Link WN-72N. Mengapa saya menggunakan itu? Karena saya cari yang kompatibel dengan Linux dan Mac.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  • USB Wifi Receiver
  • USB Extender
  • Plat atau Kawat Jaring (Strimin)
  • Data Lokasi

Untuk saya sendiri menghabiskan modal 98 ribu rupiah untuk TP-Link WN-72N yang saya beli di Jogja Tronik dan 21 ribu rupiah untuk USB Extender sepanjang 5 meter. Untuk diperhatikan bahwa hati-hati dalam memilih USB Extender, semakin panjang maka semakin besar USB Wifi Receiver tidak dapat berfungsi karena kekurangan arus listrik.

Sedangan plat atau kawat jaring dibutuhkan jika sinyal benar-benar susah didapatkan. Disini kawat atau plat berfungsi sebagai reflektor ke arah Wifi Receiver.

Data lokasi yang saya maksud adalah jarak dan status wifi yang diterima. Jarak yang masih logis dilakukan dengan cara ini dalah 50 meter dan dengan status wifi jika dilihat dari HP masih terdeteksi.

Pemasangan Adapter Wifi TP Link

Pemasangan alat untuk menembak wifi sendiri langsung bisa diterapkan dengan menghubungkan USB Extender ke PC/Notebook dan ke Wifi Receivernya. Pada pemasangan ini yang berpengaruh adalah jarak AP dengan kita dan panjang kabel USB Extender.

Logikanya semakin panjang kabel maka hambatan semakin besar dan arus yang sampai semakin mengecil sehingga daya yang didapatkan sedikit kurang dan menyebabkan jangkauan receivernya mengecil bahkan bisa putus nyambung.

Sedangkan faktor jarak AP masih dapat diakali dengan mengatur ketinggian dan fokus dengan bantuan plat atau strimin tadi. Akan tetapi jika power pemancar atau penerima tidak bisa menjangkau seperti yang saya katakan sebelumnya di bagian survey maka opsi ini tidak bisa dilakukan karena kemungkinan antara AP dan Station tidak terdeteksi.

Untuk penempatan pemasangan yang perlu diperhatikan adalah kita harus mencari tempat yang sedikit penghalangnya. Contohnya adalah jendela atau ventilasi, kedua lubang ini akan lebih besar kemungkinan berhasilnya daipada diletakan di dalam ruangan. Jika ingin lebih maksimal lagi letakan di luar rumah seperti di jendela teras atau plafon depan rumah. Dengan ketinggian sperti jendela atau plafon seharusnya sudah optimal karena rata-rata prabot rumah(penghalang) lebih rendah dari itu.

Cara Menembak WiFi dan Menyebarkannya Kembali: cara nembak wifi tetangga

Posisi yang saya sarankan adalah kabel horisontal namun posisi receiver vertikal. Untuk jelasnya lihat gambar. Ini untuk memaksimalkan antenna yang ada di receiver. Namun kembali ke tipe receiver yang dibeli, sehingga sesuaikan sesuai bentuk antenna.

Yang terakhir adalah tambahan plat atau strimin. Tambahkan plat atau strimin di belakang receiver sehingga mirip posisi antenna TV. Sesuaikan dengan letak antena internal receiver sehingga hasilnya lebih maksimal dan fokus. Untuk gambarannya bisa lihat pada gambar.

Cara nembak wifi dan menyebarkannya kembali dengan metode ini hasilnya pun cukup memusakan. Disini saya mendapatkan sinyal 2-3 bar naik turun. Sedangkan kecepatannya sendiri masih bisa dubilang cukup untuk sekedar browsing. Pada versi eksperimen ini antara keberhasilan dan kegagalan masih bisa dibilang seimbang mengigat alat yang digunakan hanya sederhana namun jaraknya masih cukup dekat.

sinyal nembak wifi
 hasil nembak wifi internet

Nembak Wifi Dengan Router atau CPE

Untuk cara nembak wifi versi modal ini akan sedikit lebih rumit karena kita memerlukan konfigurasi khusus namun intinya sama dengan yang versi murah. Akan tetapi cara nembak wifi versi modal ini dapat kita sebarkan lagi ke banyak perangkat HP atau Notebook.

Tidak hanya itu, jika ternyata target sinyal dan lokasinya memungkinkan maka kita dapat menembak wifi tersebut hingga jarak 2 KM bahkan lebih. Maka dari itu harga yang dikeluarkan akan sebanding dengan hasil.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  • Radio Station
  • Kabel LAN
  • Router /AP Router
  • Data Lokasi

Radio station yang saya maksud adalah alat penerima atau pemancar yang biasanya digunakan di bisnis internet. Umumnya pelaku RT/RW Net menggunakan TP-Link 7210 atau seri CPE , ada juga yang menggunakan UBNT Nano Station M2. Sedangkan untuk Router / AP router dalah alat untuk menyebarkan kembali. Disini bebas bisa menggunakan apa saja asalkan bisa menyebarkan wifi dan memiliki port LAN. Contoh murahnya adalah Router Huawei HG532 seharga 130 ribu. Saya sendiri menggunakan itu di sisi pelanggan saat melakukan instalasi jaringan baru di apartemen.

Untuk referensi harga TP-Link seri CPE berkisar 600-700 ribu sedangkan untuk UBNT NSM 2 berkisar antara 1,2 juta – 1,4 juta. Akan tetapi untuk UBNT sendiri ada versi yang lebih murah yaitu NS Loco yang harganya berkisar antara 700-800 ribu, yang membedakan setau saya hanya ukuran dan jumlah portnya dimana Loco hanya memiliki 1 port utama tanpa ada port backup.

Sedangkan untuk kebutuhkan kabel LAN itu menyesuaikan data lokasi penempatannya. Harga kabel LAN biasanya 4000 rupiah per meter dan 3000 rupiah per konektor. Untuk data lokasi saya rasa bisa ditempatkan sama seperti yang sebelumnya namun tempatkan lebih tersembunyi dan sulit dijangkau mengingat alat yang kita gunakan ini sedikit mahal dan mudah terjual.

Pemasangan Nembak Wifi Dengan Router atau CPE

Untuk pemasangan jaringannya dapat dilihat seperti topologi gambar yang saya berikan dibawah nanti. Sedangkan untuk konfigurasinya mungkin akan saya susulkan di artikel berikutnya. Namun tenang saja, disini tetap akan saya berikan kata kunci mengenai konfigurasinya.

Anggap saja saat ini radio station telah dipasang ditempat yang dikehendaki dengan arah dan posisi yang benar, lihat buku panduan biasanya ada cara pemasangan yang benar sehingga tidak perlu saya jelaskan. Yang perlu ditekankan pada pemasangan ini adalah arah, antara tegak lurus(kemiringan vertikal) dan kiri kanan dari radio tersebut. Jika target hanya berada dilantai satu sedengankan pemsangan kita selevel dengan atap genteng dan jarak tidak lebih dari 100 meter maka kemiringan vertikalnya tidak lebih dari 20 derajat. Namun jika pemasangan ingin berada di tower atau tiang mungkin bisa dikonsultasikan di kolom komentar.

 topologi cara nembak wifi

Dari desain topologi diatas kita hanya perlu menyeting Radio Station dengan mode Station atau WISP, sedangkan mode untuk LAN-nya adalah bridge. Untuk IP pada mode station atau WISP bisa diatur agar DHCP (Auto). Kemudian tinggal scan target dan hubungkan. Jangan lupa isikan password jika target dipassword.

Sedangkan pada perangkat Router/AP router pastikan DHCP sudah dimatikan kemudian atur nama SSID dan passwordnya. Terakhir hubungkan kabel LAN dari adaptor Radio yang bertuliskan LAN ke lubang yang bertuliskan LAN di AP / Router.

Mungkin akan saya buatkan artikel khusus mengenai konfigurasi ini nantinya sehingga tunggu saja updateannya atau tanyakan langsung di komentar. Dari langkah terakhir tadi seharusnya kita sudah berhasil menerapkan cara menembak wifi dan menyebarkannya kembali dan hanya perlu mencobanya. Pada kesempatan berikutnya akan saya berikan tutorial lengkap mengenai cara menembak wifi dan menyebarkannya kembali dengan alat yang sangat mumpuni seperti contoh diatas.

Nah itulah dua versi cara menembak wifi dan menyebarkannya kembali yang dapat saya berikan. Disini saya tidak memberikan opsi Radio yang berbentu antenna Grid karena sangat mencolok dan rawan ditanyai orang sekitar.

Jika masih bingung dan kepo bisa langsung ditanyakan di kolom komentar dengan syarat bahasa dan pertanyaan yang jelas. Semoga artikel Cara Menembak WiFi dan Menyebarkannya Kembali ini membantu bagi yang ingin bereksperimen nembak wifi.

Artikel Terkait

Penyebab Hard Disk Lemot atau Lambat di Komputer dan Laptop

Penyebab hard disk lemot! Sering kali kita mengalami program not responding yang membuang waktu yang berharga dan...

Cara Mempercepat Hard Disk Lambat dan Sering 100%

Mempercepat hard disk lambat! Ini yang kita butuhkan karena kinerja komputer PC atau laptop yang lambat dan...

Cara Menonton Siaran TV Digital

Cara menonton Siaran TV digital sebenarnya tidak berbeda dengan tv analog. Perbedaan yang ada adalah perangkat yang...

Review ICONNET Layanan Internet PLN ICON+

Waktunya memberikan review kelebihan dan kekurangan serta tambahan informsi lain karena sudah genap 6 bulan 1 tahun...

161 KOMENTAR

  1. Mas konsul… untuk setting routernya gimana? Kebetulan sy sudah beli cpe220 tplink faros dan dikantor ad wifi,jarak dr rumah ke kantor 100meter kurng lebih. Sy sudah pasang tplink cpe220 sy setingg bridge. Sinyal penuh tp lemoot… maksud sy,sy mau tambah pakai router tplink wr841nd tp msh bingung cara setting cpe220 digabungkan dengan router tplink wr841nd. Mohon pencerahannya terima kasih

  2. waduh maksudnya digabung gimana ya mas?
    kalau yg sy jelasin di email itu 841nya buat nyebarin lg.
    kalau sinyal penuh to lemot mungkin ada gangguan atau jenis AP nya emang buat indor yg di kantor

  3. Maaf saya ingin menembak sinyal wifi dan menyebarkan kembali ke rumah..lokasi saya di perkampungan .jarak dari target sekitar 500-1km..tolong kasih tutorial cara tersebut dengan detail step by step (maaf saya masih awam ingin belajar )
    Mksh sebelumnya,saya tunggu

  4. Halo mas,
    untuk langkahnya bisa dimulai dari survey lokasi.
    Jika lokasi ga ada halangan ya bisa langsung dieksekusi, tp kalo lokasi banyak halangan(pohon/gedung/bts gsm) agak rumit & butuh modal lebih mengingat jarak juga lebih dr 500 m. Untuk survey kasar bisa pakai UBNT Airlink (silahkan googling).

    Mungkin bisa dilanjutkan ke langkah selanjutnya setelah tau kondisi lapangan di sisi penerima sama pemancar. 🙂

  5. saya mau tanya nih gan. saya punya tp link cpe 210 pharos ama huawei ws319, nah saya mau jadiin si tp link tadi penerima wifi(buat nembaknya), trus di alirin ke si huawei tapi buat disebarin lagi sinyalnya. tuh caranya step by step nya gimana yah gan

  6. Halo mas Fuad,
    nembaknya wifi apa dulu? kalo wifi biasa yg langsung bisa buat internetan ya tinggal hubungin port LAN (cpe) ke LAN (port kuning ws319). nanti mode cpenya WISP. Terakhir tinggal disable DHCP di ws319nya & atur sbg AP.

  7. Assalamualaikum. Mas saya punya hostpot di rumah. Di pancarin pake NS M2. Lalu saya mau pancarin di kost kakak saya sekitar 800 meter. Saya punya tp link 7210N dan tp link WA850RE. Bgmaan baiknya topologi nya. 

  8. Wassalamualaikum mas,
    kalau saya cek WA850RE itu cuma repeater/extender ya mas.
    mungkin topologinya bisa gini mas
    NS (AP) -> WA850RE (repeater) -> 7210 (STA/receiver)

    atau kalo yg NS emang buat disebar kek rtrw net diatas tower mungkin bisa langsung di tempak pake 7210nya

  9. secara fungsi dongle 722n itu hanya untuk station mas, hanya sebagai penerima saja.

    sy dikantor dulu pernah pake itu di netbook buat monitoring AP publik di sekitar tugu jogja (jaringan dah crowded) jarak 50 m masih bisa dapet 2 bar. AP pake tplink 220 sama ns m2

  10. Halo mas, untuk radio yg modelnya spt itu sy sarankan harus LOS di keduanya, AP & STA nya. Jd secara teori asalkan antenna tidak terhalang pohon/bangunan harusnya dg jarak segitu sinyal yg di dapat sekitar 60 dbi.

  11. Bang,,, tetangga saya munkin jarak 10 m,, punya internet dg antena tinggi yg keren,,, kalau saya maunyambung,,,enakan langsung pake kabel lan baru wifi nya disebar,,, atau hatus pake alat penembak wifi???? Terima kasih gan

  12. kalo cuma 10 m mending pake kabel mas kalo yg punya ngebolehin, ngirit. dibanding nembak pake alat jauh lebih murah pake kabel. kabel paling modal 400rb aja udah dapet, kalo pake alat buat nembak paling 700 ribuan. itung aja 400 rb itu dah dapet ap router & kabel utp 25 m.

  13. Mas, saya nembak wifi hotel,jarak 20M dan loss, dan itu tiap 3bln ganti password. Apakah setelah berhasil nembak wifi, tiap 3bln saya hrs setting ulang lg, mengingat wifi hotel di ganti passwordnya.

  14. Gak perlu, cukup pake AP sama AP router aja. kecuali kalo yg nyebarin pengan di manage (speed, IP, voucher dll) baru butuh mikrotik. tp bisa juga sekalian pake mikrotik seri RB 941-2nd harganya jg murah ga sampe 300 rebu

  15. Halo Mas … jika nembak wifi dengan menggunakan dua lokasi gimana ? contohnya gini, titik AP tak tembak di lokasi A (jarak 200 m), kemudian lokasi A tak tembak lagi di lokasi B(jarak A-B 100 m). Ini karena titik AP ke lokasi B terhalang gedung SMP 2 lantai.
    Mohon pencerahannya, berapa pun modal saya usahakan yang penting bisa nyampai.
    Thanks

    • Permisi mas. Saya mau tanya, saya mau nembak wifi di rmha tmen yang jaraknya skitar 700m-800m dari google maps. Rencana Di rumah temen mau pake tp link cpe220 sebagai AP dan apakah bisa di rumah saya menggunakan Mode WISP dengan Tp link cpe220 dengan jarak 700m-800m. Mohon di balas mas

      • Bisa, yg jelas posisi remua radio harus tinggi & ga kehalang pohon/bangunan mengingat frekuensi 2,4 padet

  16. Kalo cuma jarak <50 meteran sih masih bisa pake router yg punya mode WDS/Repeater direntang harga 300rban tp kalo lebih mending pake 2 router lagi di titik A.

    TP misal maksa pengen tetep pake 1 router di titik A bisa dicoba pake pake router yg bisa dipakein antenna omni & punya mode repeater.

    Yg model repeater gini yg kadang susah kalo ga praktik langsung soalnya ga ngerti kondisi di lapangan.

  17. Mas…ada wifi( indihome) tetangga berjarak 2 rmh ato sktr 70 m dr rmh…
    Byasanya klo pkek hp trtntu kdg mash bsa nygkut 1 bar…nah saya pgen nembk tuh. Kra kra alatnya apa mas ya…

  18. Wah berarti wifi indoor ya mas?
    Sebenernya bisa tapi ada unsur 'bejo' mengingat sumber wifi didalem rumah dan kehalang beberapa rumah lagi. Intinya nanti powernya sedikit kurang.

    Kalo alatnya sendiri bisa dicoba pake CPE220 & yg nyebarin lagi pake router yg murah2 aja mas kek totolink n300 tp kalo skenario ini mayan mahal modalnya.

    Untuk versi yg mayan murah bisa dicoba pake router yg udah support WISP/repeater, contohnya : tplink WR843, WR840.

    Jadi coba ke toko komputer/jaringan, nanti mintanya router yang udah support WISP/repeater(range extender).

    Semoga membantu mas.

  19. saya kan pasang internet di kios, saya pingin nembak wifinya sampai ke rumah terus bisa di sebarkan lagi dirumah
    Jarak dari kios ke rumah sekitar 30 meter kalao pakai budget sekitar 500 ribu, sebelumnya saya sudah punya wifi adapter, tapi kan harus nyalahin laptop dulu.
    kalau pake TP – Link 300 Mbps Wireless N Accesspoint – EAP-110, apa bisa gaperlu router tambahan?

  20. EAP-110 ada mode repeater/WDS nya gak mas?
    Kalo ada ya ga perlu beli router lagi.

    tp kalo tak baca di situs resmi ini kok fungsinya cuma sebagai AP ya, gak ada mode repeater/WDS, Jd coba dipastikan dulu ada atau engganya fitur tsb.

  21. Mas .di rumah ada wifi indihome . Mau di pancarin ke warung saya . Jarak kurang lebih 200m ..saya harus pakai alat apa.dan di belakang ruamh ada ruko 2lantai . Trimakasih

  22. hai mas bro, minta info dong atau saran lbih tepatnya. saya pasang indihome di rumah. di satu lokasi yg sama saya punya dua rumah kontrakan dan 1 unit kos2an 2 lantai. jarak dari rumah ke kontrakan sekitar 10m jarak kosan sekitar 5 meter model denah rumah letter U. kira2 bwt nguatin sinyal antara rmh kontrakan dan kosan tersebut lbh milih wifi extender atau wifi router & ap dan brapa kbutuhan unitnya? plihan wifi extender saya pakai xiaomi wifi repeater usb versi 2 sdgkn wifi router & Ap milih tenda f3 3in1. mohon pencerahannya

  23. Kalo kebutuhan gitu dari kita saranin pake kabel + router mikrotik + AP router mas. Kenapa? biar bandwidth lebih stabil & imbang. kelemahan kalo pake repeater biasanya ada beebrapa device yg susah konek tp emang lebih irit.

    untuk jumlah unit itu disesuaikan sama jumlah user/kamar & luas areanya mas jd baru bisa di estimasi.

    tp biasanya untuk kos letter U 2 lantai saya pake konfigurasi 2 titik atau 4 titik AP + 1 router.

  24. Mas ane mau tanya, misal nembak pake bolic yang didalem kaleng namanya apa? Trus yang dibawah buat nyebarin namanya apa? Terima kasih

  25. Biasanya yg simple pake USB wifi receiver mas, tp ini ga bisa disebar langsung. yg bisa disebar langsung pake router dibawahnya itu wajan bolicnya bisa dipakein AP router biasa tp ga bakal maksimal juga

  26. Mas kebetulan saya baru mutasi ke Jogja dan di kantor ada wifi indihome, jarak mess-kantor sekitar 50meter. Sebenarnya konek tapi cuma 1 bar dan ilang2. Mohon pencerahan utk nangkep wifi kantor trus buat dipakai 2 HP gmn y?

  27. Mau tanya gan, rumahku deket SMA sekitar 20-30m jaraknya . Wifi e lumayan banyak, ada indihome, dll. Sarannya nih saya harus pakek peramgkat apa dan merek apa? Utk biaya bisa diusahakan lah.

  28. Mas misal dilokasi A kita punya internet indihome indor modem bawaan, untuk dpt menerima wifi dilokasi B kira2 apakah kita perlu penembak wifi di lokasi A dan penangkap wifi di lokasi B jarak kurang lebih 300m apa saja kira2 alat yang dibutuhkan gmn stepnya jika harus menggunakan tiang biar memastikan tidak ada halangan

  29. Mas yg saya mau tanyakan klw sy mw nembak wifi tetangga dan mw d sebarkan kembali, apakah kita harus tau passwordnya, klw kita harus tau passwordnya ya sn halnya kita harus izin ke yg punya dlu dong.

  30. nembak jarak 15-20km bisa tidak mas?sebab sekolah saya terpencil (daerah gunung panderman Batu Jatim) mau ikut unbk.cara&alatnya apa saja,sekolah kami siap untuk pengadaan.makasih

  31. Kalo ini mungkin biayanya belasan bahkan puluhan juta mas, tergantung gimana kondisi jalur yg dilewati nanti. Saran saya mending kontak lembaga/perusahaan profesional aja seperti Lintas Arta atau ISP lokal di kota masnya.

  32. mas mau tanya saya mau tembak wifi jarak sekitar 200 meter itu pake alat apa ya kondisi wifi indor di dalam kantor dan rumah saya agak tinggi dari kantor itu

  33. Kalo wifinya indor dengan jarak segitu sepertinya agak susah mas, kecuali APnya dia pakai sekelas unifi uap yg LR/PRO mungin baru bisa nyampe nanti sinyalnya. Tapi kalo di scan pake hp/laptop masih nyantol minimal 1 bar masih ada harapan buat di tembak

  34. Halo mas ragil,
    150m dr rmh ada telkom/wifi corner, denah antara rmh sy dan wifi itu seperti letter U.
    Modal 7210+tiang 3m+router bekas indihome apa bisa nangkap sinyal wifi idnya mas?
    Kalo sy cek pake wifi analyzer, ditengah2 denah U, msh bs terdetek wifi 2-3bar. Mohon jawabannya…trims mas

  35. Kalo di rumah masih detek 1 atau 2 bar masih bisa mas, tp kalau gak detek mending gak usah aja soalnya wifi.id corner jaman now APnya indoor semua. Di jogja malah antenna 6 db nya pada dicopotin biar ga jauh2 nyebarnya

  36. Misi mas mau tanya,rumah saya kan deket pmi,nah pmi itu ada wifi id nya,kira2 jaraknya 200m dari rumah saya,tapi rumah saya dibawah dan terhalang gedung2 banggunan rumah,kira2 bisa ndak ya mas ditembak,kalo bisa alatnya apa saja ya mas,dlu saya pernah naik ke atap rumah ada sinyal speedynya 1 bar tapi hilang2…
    rencana nya saya mau ambil tplink cpe220 buat nembaknya dan tenda n301 buat mancarinnya.
    saya tunggu jawabannya mas, terimakasih sebelumnya.

  37. gan,saya tetangga saya punya wifi dan saya sudah berlangganan.tp sinyalnya cuma ada di luar kalo masuk rumah ilang.dan saya sudah beli pharos cpe220 dan saya atur sebagai repeater tp lemot.apa salah seting atau ganti mode brigde atau gimana gan biar koneksinya cepet….status sinyal wifi di hape kalo di luar ada 2 bar
    trma kasih

  38. min mau tanya di rumah saudara saya ada wifi indihomenya jarak dari rumah saya sekitar 300m .. cara nangkap sinyalnya terus di sebarin lagi di rumah saya pake alat apa aja min ??
    terimakasih

  39. Assalamualaikum. Nderhek tangklet
    Mau nembak wifi kantor/ indoor bandwidth besar. Jarak 1.3km
    Alat yg dipakai apa saja sama biaya berpa?
    1 lagi kalo opsi di atas mmg mahal
    Mau nembak wifi adik saya saja
    Jarak sekitar 300 meter indoor
    Atau kalo penjelasan panjang bisa email ke amawarto@gmail.com
    Terimakasih Mas…

  40. CPE220 mode AP trus saya mau tangkap pakai CPE220 mode wish, namun cpe mode Ap tidak berhadap langsung cpe220 mode wish agak kesamping sdikit. kalau ditangkap bisa jalan normal tidak ?
    mohon penjelasan

  41. Mas Ragil Triatmojo
    Mau nanya juga. Modal untuk nembak wifi publik. Jarak menurut google earth 750 dan 950 ( ada 2 wifi yg disediakan pemkab) modal alat apa saja dan kira" biaya berapa.
    Di tangkap lalu disebar kembali di rumah

  42. assalammualaikum.. maaf mas mau nanya. saya mau nembak wifi untuk disebarkan kembali di lingkungan rt dari kantor balai desa. wifi pakai tower jarak dengan rumah saya kisaran 200meter posisi rumah saya lebih tinggi dan g ada halangan pohon dan bangunan. kira kira pakai alat apa saja dan berapakar besaran yg harus di keluarkan untuk beli alatnya mas. moho minta peneranagannya makasih..

  43. wa'alaikumussalam mas, btw wifi yang ada di ujung tower itu AP buat nangkep sinyal mas kemungkinan. kecuali kantornya pakai jaringan kabel lalu disebarin lewat tower baru bisa ditembak, itu pun kalau arah radionya kerumah masnya

  44. Wifi-id XT Square sinyalnya sampai ke jalanan sebelah selatannya. Sinyalnya kadang2 ketangkep di laptop rumah saya walau 1 bar dan byar-pet, padahal jarak rumah 700 meteran dari lokasi dan banyak halangan rumah tingkat.

    Kalau saya tembak, router apa yang paling bagus utk kondisi banyak halangan rumah gitu? Dan tehniknya gimana?

  45. Pake galvanis taruh di atep mas sy kalo instalasi di daerah xt square, untuk radionya bisa pake NSM atay CPE. Tp coba di cek dulu sumber (AP wifi) ngarah kemana dan letaknya indoor apa outdoor.

  46. Permisi gan mau nanya saya ada antena kenbotong 24db, ubiquity bullet m2hp + poenya 1A apa bisa nembak jaringan @wifi.id dgn jarak +-20km? Klo bisa di tembak kira2 butuh alat apa lg selain pipa,kawat baja?

  47. Maaf mas, saya mohon bantuan..
    Di kantor saya ada wifi, pake tower…
    Perangkat di atas tower ada powerbeam M5, sedangkan routernya netis lupa serinya..
    Jarak antara rumah dan kantor sekitar 1Km, dengan kondisi lapangan lumayan berpohon….
    Bisa gak di tembak wifinya dengan jarak segitu, kalau bisa perangkat apa yg harus saya sediakan??
    Mohon pencerahannya mas..

  48. Mas saya masih bingung ni soal nembak wifi. Misal kita nmbak wifi id ato indihome yg berpassword tpi kita g tau passwordnya. Klo ditembak trus sinyal kedetek apa bisa connect buat browsing? Soalnya mo pasang indihome kudu tarik kabel 500m

  49. assalamualaikum mas saya tinggal dipedesaan tidak ad sumber isp yang masuk kesni apa bisa buka usaha hostspot wifi. mohon bantuannya mas

  50. Mas Mau Tanya,
    Kalau Seandainya Topologinya Dibalik Jadi :
    1. Sumber Wifi – Hape – Router
    – Penghubung Hape Ke Router Pakai Apa Saya Ada Router Bekas Speedy (Adanya Port LAN),
    – Saya Prefer Ini Rencana Hape Hidup 24 Jam Nonstop Buat Wifi Cam
    – Apakah Ada Router Bisa Terhubung USB, Saya Baca Rata2 Dari Sumber Modem Bukan Wifi
    Atau,
    2. Sumber Wifi – Hape (Usb Thetering) – Komputer (Terhubung Printer LAN) – Router
    – Apakah Memungkinkan Tambahan Port LAN, Jadi 1 PC 2 LAN Port (On-Board LAN + Tambahan USB To LAN)
    Minta Bantuan Pencerahan Gan Rekomendasi Pemakaian Alat Serta Software Yg Diperlukan,, (Link Atau Tutorialnya Mas)
    MaturSembahNuwun.
    #SuksesSelalu

  51. Permisi mas,mau nanya nih,saya kan ada wifi tetangga cm sampe didepan rumah aja itupun sinyal nya cm 1 bar,tp kalo dah masuk rumah tu wifi dah ilamg,wifi tetangga itu indoor. Jd rumah tetangga saya itu disamping rumah saya bukan didepan rumah,nah rencana nya saya mau nangkep sinyal pakek cpe220 dr samping rumah (sinyal 1 bar) trus saya sebar pakek wr840n, wr840 ini saya letakkan diruang tengah biar sinyal bisa stabil,saya sambungkan cpe220 dan wr840 pakai kabel lan.Menurut mas ragil gimana ? Makasih sebelumnya.

  52. Bang.. saya punya tenda03 dan huawei HG8245 mau buat topologi seperti abang untuk nembak wifi.id.. Sudah setting tenda 03 nya sampai konek internet di PC, lalu LAN ke PC saya cabut dan saya colok di port WAN huawei yang sudah di setting sebagan AP/Bridge.. Tapi pas konek ke huawei ini, malah gak dapet IP / obtaining ip address terus.. salahnya dimana ya bang ?

  53. soalnya kamar saya ada di paling belakang rumah mas,makannya saya pakai wr840 buat nyebarin,biar sampai kekamar saya,nah saya ingin tanya lagi ini mas,saya benar2 pemula soal ini,saya ada alat cpe220,wr840 nah saya tidak ada adaper poe nih maas,kalau cpe220 langsung di konekkan ke wr840 menggunakan LAN langsung bisakah mas? terimakasih atas jawaban sebelumnya.

  54. Om saya beli tenda o3
    Nbak wifi.id mode wisp.
    Berhasil..
    Tapi kendala nya.konek dan lancar hanya semenitan..setelah itu langsung nointernet akses.
    Harus sering cabut adaptor baru bisa terkoneksi lagi..bikin nga bisa tidur..
    Jarak wifi id 100 meteran. Dapat signal 70 persen..
    Apa saya yang salah stel..
    Tolong om kasi solusi..

  55. kak mohon saran nya,
    saya nembak indihome di rumah orang tua.
    router yang bagus untuk disebarkan lagi di tempat penerima apa ya mas?

    sudah coba pakai zte juga (sama dengan di sumber) sering tiba2 internet mati. seperti mencari ip/ konflik ip, tapi pakai zte internet rasanya cepet. speed test rata2 7mbps

    coba pakai tenda kok rasanya lebih lemot, tiap di speedtest cuma max 4mbps. tapi ip gak pernah konflik kaya zte nya.

    apakah ini hanya perasaanku saja?

    mohon saran yang terbaik kakak

  56. 1. sumber : INDIHOME , router bawah ZTE GPON FT609 , pemancar CPE 220
    2. penerima : penerima di atas CPE 220 , router bawah ZTE GPON F660
    3. jarak sumber dan penerima +- 200m bebas penghalang, antena tinggi

    pakai zte gpon f660 koneksi rasanya cepat tapi sering
    no internet/internet may not available. terjadi tidak menentu, 1-3x dalam 1 jam berlangsung selama 2-5 menit. kadang tejadi PC saja, kadang terjadi di hp saja. kadang terjadi pada semua device. sangat menggangu. sudah coba pakai IP STATIC tetap saja terjadi.

    coba pakai pinjaman tenda mini n300 , koneksi rasanya tidak secepat pakai zte gponf660 tapi tidak pernah terjadi no internet/internet may not avaialbe.

    minta saran router yang tepat untuk mengganti zte gpon f660 supaya tidak putus nyambung tapi yang rasanya lebih cepat dari tenda mini n300? yang lebih stabil.

  57. mas sudah tak coba , tapi signal nya jadi lemah penyebarannya.

    mas mau minta pertimbangan. saat ini di tempat penerima, yang paling cepat koneksinya adalah PC, karena tak LAN langsung dari F660. bahkan menurut saya sama persis dengan yang di pusat nya. tapi untuk yang dari andorid nyambung wifi itu lemotnya minta ampun mas. untuk whatsapp saja kesusahan.

    saya mau minta pertimbangan , misal ini F660 saya ganti pakai mikrotik rb750 gr3 apakah bisa mengatasi masalah saya mas? supaya yang connect lewat wifi enggak lemot.

    FYI :
    1. sumber : INDIHOME , router bawah ZTE GPON FT609 , pemancar CPE 220
    2. penerima : penerima di atas CPE 220 , router bawah ZTE GPON F660

  58. RB hEX kalo cuma buat gituan kebagusan mas, beli yg hAp Lite aja cuma 250rb an.

    soal kalo di HP lemot kemngkinan salah atur wifinya atau rebutan bandwidth. kalo cuma buat manajemen bandwidth RB hap lite dah cukup banget biat user rumahan.

  59. Mas mau tanya, saya mau nembak wifi tetangga, jarak cuma -+ 50m. Saya punya alat tenda o3v2 sama tenda f3, ini gimana setting nya ya? Soalnya saya coba cuma dapet 1 bar sinyalnya, posisi kehalang 1 tembok rumah

    • Maaf mas tetangga belakang rumah ada Indihome
      Sinyal cuma 1 bar itu aja kalo didapur belakang rencana mau nembak itu butuh apa aja mas syukur bisa sekalian sama buat nonton Indihome ya jarak sekitar 20m

  60. Halo mas Ragil, biasanya beda alat beda istilah dan metode configurasinya.
    saya udah lama bgt gak ngoprek jaringan jd lupa lagi,yg ingin sya diskusikan di dekat rumah baru ada public wifi. saya tangkap wifi menggunakana Engenius ENS200EXT lalu tarik LAN kebawah rumah konek ke Router (untuk Router saya sudah coba di Tenda N300 & Netgear cg3100d 2bpaus dua2nya gagal)
    mode diatas Client Bridge, STATIC IP & DHCP Disable. saya kesulitan sekali untuk setup yg dibawah mengguakan router kedua2nya gagal terus. siapa tau ada saran.
    untuk referensi kata si https://www.smallnetbuilder.com/wireless/wireless-reviews/32008-engenius-ens200-long-range-wireless-80211n-24ghz-outdoor-bridgeap-reviewed?start=1 untuk nangkap public hotspot atau isp lebih cocok dengan mode Client Bridge.

  61. Ini barang mode client bridge keknya tetep pake IP di interface wirelessnya, sama kek ubnt. Coba dicek lagi konfigurasi IPnya. Yg jelas kalo radio atas mode brigge ntr kabel masuk ke WAN & di set dapet IP dr DHCP.

  62. Mas..nanya..di samping rumah saya ada wifi id.dan seamless sekitar 20 meter..dan saya punya zte bekas pasang indihome 3 bulan lalu yg sudah diputus..dan tidak diambil alat2nya
    apakah saya bisa gunakan alat itu buat nangkep sinyal?trs saya beli voucer wifi id ..trs tak sebarin sinyal wifi id nya dirumah?apakah bisa mas??trs cara2nya gimana itu..

  63. siang mas,jarak sekitar 30 meter dr rumah saya ada wifi publik disebuah gedung balai warga.jika ingin connect hrs register melalui aplikasi di android.kalo sy diatas rumah sinyal wifi bisa 3 bar di android.yg ingin sy tanyakan,gimana caranya supaya sinyal wifi bisa sy tangkap didalam rumah dan bisa disebarin lagi.dari atas rumah menuju ke gedung balai tidak terhalang apapun. sy coba pake repeater wifi xiaomi sinyal wifi tidak bisa connect.pdhl di android sinyal 3 bar. maturnuwun.mohon pencerahannya. email. jankkerz@yahoo.com

    • Harus register dulu? Itu nanti login nya pake akun apa gimana kok harus register dulu
      Kalau pakai repater ga bisa itu ga bisa konek setelah berhasil disambung ke repeaternya atau SSIDnya ga bisa ditangkep repeaternya?

  64. mas, saya tinggal di samping kantor, dan punya wifi gratis (open password), jika di teras rumah masih bisa connect krn masih dapat signal, tp kalau sdh d dalam rumah tidak dapat signal lagi, saya sdh beli xiaomi extender pro(yg hitam) untuk nangkap & nyebarin tp ternyata tdk bisa untuk open password, apakah ada alat tambahan untuk memungsikannya, atau harus ganti extender, terimakasih

    • Saya gak pernah pake repeater model gituan jd ga tau dalemannya kek gimana, jual lagi aja ganti model lain yg murah2 aja

  65. Assalamualaikum mas.. Tetangga saya ada wifi indihome.. Kalo mau nembak wifinya pake alat apa ya mas.. Jarak 200 meter dari rumah saya dan terhalang pepohonan
    Terimakasih

    • Waalaikumsalam mas,
      kalo < 15 meter & dipake hp masih nyantol beli AP router yg 200rb an jg dah cukup mas kalo jarak segitu dah ga bisa nyantol ya agak sabar nanti kebelakangnya

  66. Assalamu’alaikum
    Mas mau tanya mas , saya mau nembak wifi tetangga saya yang jaraknya kurang lebih 100-150 Meter mas , kalau saya pakai Tenda O3 atau yang lainya bisa nggak mas ? Atau ada saran dari masnya .
    Terimakasih .

    • Waalaikumsalam mas,
      bisa kalo wifinya masih nyantol minimal 1 bar di laptop. Soalnya misal wifinya di dalem rumah agak susah apa lagi 100m itu halangan temboknya mesti banyak

  67. Mas ditempat saya ada wifi.id sekitar 50meter. Tapi dari rumah saya tidak sampai. Saya sudah baca artikelnya tapi masih belum paham, bisa jelaskan secara singkat atau pakai analogi sederhana? Hehe
    Terimakasih mas

    • dites dulu pake laptop masih detek engga sinyal wifi.id nya, kalo masih ya tinggal beli ap router tp link wr840 dah cukup buat jarak segitu mode repeater

  68. mas ragil permisi mau tanya. saya posisi uda bisa nembak wifi id make modem bekas bolt201. uda sukses bisa online via lan juga. nah niat saya mau saya sebar pake router asus rtn18u saya yg uda dipasang openwrt. cara seting si asus ini gimana ya mas ?
    mohon pecerahannya. saya googling tp bingung beda2 terutama masalah ngisi ip dll/
    fw asus saya ini mas
    Firmware: DD-WRT v3.0-r40559 std

    • Colokin aja ke port LAN, DHCP asusnya dimatiin. Jd nanti dapet IP ny langsung dr boltnya aja.

      Asus cuma jadi AP doang.

    • Mas Ragil saya mau tanya, dirumah sodara saya ada indihome, jarak rumah saya dan sodara pas depan2an sekitar 25 meter tapi ada halangan pohon mangga dan jalan mobil.
      Buat kecepatan bandwith sama (gk drop) dan stabil. Untuk P2P mending pake 2pc cpe220 atau 2pc tenda O3.
      Oh ya kalau saya mau nyebarin lg dirumah pake router wifi apa yg stabil kecepatannya.
      Makasih

      • kalo mau yakin stabil ya pake radio 5 Ghz mas, selisih harga ga jauh. Tp kalo jarak segitu harusnya udah cukup stabil kalo pake 2 Ghz.
        Pakenya 1 CPE nanti yg dipasang disumber, sedang yg di rumah pake yg murah2 aja udah tembus itu, setingnya mode WISP (contoh AP 2 Ghz yg bisa mode wisp Tplink 840 & totolink n300).

        kalo ga nyoba dulu beli router yg support mode WISP, siapatau bisa tembus langsung.

  69. Ikut tanya mas, saya punya totolink cp300, rencananya mau buat nembak wifi(zte modem&ap) yang jaraknya sekitar 300mtr dr rumah.
    Hanya saja terhalang tembok, apakah si totolink bisa menangkap sinyal dari zte ini?
    Apakah dengan meninggikan posisi pemasangan totolink menambah daya tangkapnya?
    Terimakasih

    • agak susah sih kalo yg di tembak AP indoor, apa lagi emang diletakin di dalem rumah.
      soal ketinggian radionya itu bukan menambah daya tangkap, tp mengurangi signal loss(dbm) karena halangan.
      dapet berapa dbm emang sekarang sinyalnya?

  70. mas tanya mas, saya sudah bisa nembak wifi mengyunakan tplink WA5110G dan sudah bisa langsunh konek ke Laptop, saya pingin menyebarkan kembali dengan Tplink bekas indihome 8961 kalau gak salah, caranya gimana

      • Permisi Mas mau tanya.. jikalau saya menangkap Wifi dengan TL-WN727N kemudian saya sebarkan (repeater) kembali dengan router WR840 dengan ketinggian tiang penangkap +-10 meter dengan kurang lebih jarak wifi yg ditangkap +- 200 meter , apakah bisa ya mas ?.. wifi yang ditangkap indoor router nya

  71. Mas Ragil saya mau tanya, dirumah sodara saya ada indihome, jarak rumah saya dan sodara pas depan2an sekitar 25 meter tapi ada halangan pohon mangga dan jalan mobil.
    Buat kecepatan bandwith sama (gk drop) dan stabil. Untuk P2P mending pake 2pc cpe220 atau 2pc tenda O3.
    Oh ya kalau saya mau nyebarin lg dirumah pake router wifi apa yg stabil kecepatannya.
    Makasih

    • pilih yg murah aja mas karna jarak deket banget pasti udah mumpuni, nanti sisanya buat beli router yg buat nyebarin ulang. Tp link yg 300rban dah cukup kalau device ga nyampe 10

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pos Terkait

Kupon Diskon Ekstra 5%: TEMANREDPEDIA

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos Terbaru

Ragam Alasan Penting Tidak Membeli Mobil Bekas Terdampak Banjir dan Kecelakaan

Ada banyak sekali stok mobil bekas yang bisa dipilih mulai dari penjual individu atau bisa lewat dealer. Bahkan sekarang sudah tersedia beberapa situs jual...

Harga Spandek Besi dan Baja Terjangkau

Sebelum membeli material bangunan yang dibutuhkan, tidak ada salahnya untuk membandingkan terlebih dahulu. Baik dari tempat pembeliannya, merek yang akan dipilih, ukuran, dan juga...

Rekomendasi Charger iPhone PD Fast Charing Aman dan Berkualitas

Rekomendasi adaptor charger iPhone yang aman untuk BH(battery health) dengan protokol Power Delivery(PD) yang mendukung fast charging untuk iPhone 8 series, iPhone X series, iPhone 11 Series, iPhone 12 Series, iPhone 13 Series dan iPhone 14 series terbaru.